HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA YANG BEKERJA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH DI WATULINEY

  • Angelia Friska Tendean Clinical Instructor of Faculty of Nursing Universitas Klabat
  • Marbella Ivana Kaligis

Abstract

Pola asuh orangtua adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian anak; kemandirian merupakan bagian dari perilaku anak yang harus dikembangkan sejak dini sebagai dasar keterampilan kehidupan kelak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai hubungan antara pola asuh orangtua yang bekerja dan kemandirian anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini melihat orangtua yang bekerja sebagai subjeknya, dan metode pengambilan sampelnya adalah total sampel, dengan 41 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan jenis pola asuh orangtua terbanyak yaitu pola asuh demokratis sebanyak 37 orangtua (90,2%), sedangkan kemandirian anak prasekolah ada pada kategori cukup 18 (43,9%) dan tinggi juga sebanyak 18 anak (43,9%). Hasil uji statistik menggunakkan rumus ANOVA didapati nilai p-value = 0,629 > 0,05 yaitu tidak ada hubungan antara pola asuh orangtua yang bekerja terhadap kemandirian anak prasekolah di Watuliney. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu baik pola asuh ototriter, demokratis dan permisif tidak mempengaruhi kemandirian anak. Direkomendasikan bagi peneliti selanjutnya untuk mencari tahu faktor lain yang mempengaruhi kemandirian anak prasekolah seperti sistem pendidikan anak di sekolah.


Independence is part of a child's behavior that must be developed from an early age as a foundation for future life skills. One of the factors that can influence independence is the parenting style of parents. This research aims to determine the relationship between parenting patterns of working parents and the independence of preschool children. The research design used in this research is descriptive analytic with a cross sectional approach. The population in this study were working parents, while the sampling technique used total sampling with the number of samples 41 respondents. The results of this study show that the most common type of parenting style is democratic parenting style with 37 parents (90.2%), while the independence of preschool children is in the moderate category with 18 (43.9%) and high with 18 children (43.9%). The results of statistical tests using ANOVA p-value = 0.629 > 0.05, there is no relationship between the pattern of foster parents working and the independence of students in Watuliney. The conclusion in this research is that good authoritarian, democratic and permissive parenting does not affect children's independence. It is recommended for future researchers to find out other factors that influence children's independence, such as the children's education system at school.


KEYWORDS: Children, Independence, Parents, Parenting, Preschool

References

Ermawanti, A., Kusmiran, E., & Manalu, L. O. (2022). Hubungan Pola Asuh Orangtua Yang Bekerja Dengan Kemandirian Anak Pra Sekolah di TK Raihan Bandung. Prosiding Simposium Kesehatan Nasional, 1(1), 19-28. https://simkesnas.stikesbuleleng.ac.id/index.php/simkesnas/article/view/5/3

Gunarsa, S. D., & Dirgagunarsa, Y. S. D. (2012). Psikologi perkembangan anak dan remaja. PT BPK Gunung Mulia.

Handriana, I. (2021). Keperawatan anak. LoRinz Publishing. Jawa Barat

Haryadi, Ahmad. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kemandirian Siswa Kelas I MI Hidayatuddiniyah Desa Jambu Burung Keramat Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

Imron, R. (2018). Hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 13(2), 148. https://doi.org/10.26630/jkep.v13i2.922

Ita, M. J. (2023). Analisis Kemandirian Anak Yang Diasuh Keluarga Dengan Anak Yang Diasuh Di Tpa ( Studi Kasus Di Tempat Penitipan Anak Rumah Kreasi Edukasi ) [Diploma, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.ac.id/23269/

Jannah, M., & Candra, I. (2020). Studi Komparasi tentang Kemandirian pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak Ditinjau dari Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja. Psyche 165 Journal, Vol. 13, No.2.

Kusumo, W.P. (2022). Peran Orang Tua Yang Sibuk Bekerja Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Usia 4-5 Tahun) Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Ra Muslimat Nu Kebonrejo 2 Salaman Magelang. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(1), 34-45. Retrieved from https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/291

Lantemona, Y. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak prasekolah di desa Tombuluan. Fakultas Keperawatan. Universitas Klabat.

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777

Mansur, A. R., Neherta, M., & Sari, I. M. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah. Andalas University Press. Jl. Situjuh No. 1, Padang.

Maemunah, S., Malik, H. A., & Nadar, W. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kemandirian Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 84–90.

Mantali, R., Umboh, A., & Bataha, Y. B. (2018). Hubungan pola asuh orang tua degan kemandirian anak usia prasekolah di Tk Negeri Pembina Manado. Jurnal Keperawatan, 6(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v6i1.18780

Mayasari, D, Istirahayu, I., & Mawarni, K. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Singkawang Timur. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 111-115.

Nafiah, U., Marijono, M., & Imsiyah, N. (2018). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Sikap Kemandirian Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Miftahus Salam Kaliwates Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.19184/jlc.v2i1.8109.

Nurachma, E., Hendriyani, D., Albertina, M., Badar, & Purwanti, S. (2020). Pengaruh Pasangan Pernikahan Dini terhadap Pola Pengasuhan Anak: Di Kelurahan Mangkurawang Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2018. Penerbit NEM.

Nurfaadhilah. (2019). Faktor—Faktor yang mempengaruhi kemandirian untuk meningkatkan kualitas harga diri seseorang. https://doi.org/10.31227/osf.io/5yvhm

Salim, M. (2021). Pola Asuh Anak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. (Vol. 1). Academia Publication.

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran orang tua pada kemandirian anak usia dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Sipahutar, A. (2009). Pola Asuh Orang Tua Dan Tingkat Kebiasaan Remaja Dalam Mengkonsumsi Alkohol Di Desa Sirajaoloan Kec. Tarutung, Kab. Tapanuli Utara (Skripsi). Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia.

Subagia, I. N. (2021). Pola Asuh Orang Tua: Faktor, Implikasi Terhadap Perkembangan Karakter Anak. Nilacakra. Bali

Sulistyowati, R. F., Mariani, M., & Sukarlan, S. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Anak Usia 4–6 Tahun di RA. Raudatul Jannah Sei Miai Dalam Banjarmasin. Wiraraja Medika: Jurnal Kesehatan, 9(2), 58-62. DOI: https://doi.org/10.24929/fik.v9i2.794.

Suprapti, E., Syah, A. Y., Purwaningsih, I., Astuti, Y., Dayaningsih, D., Anggarawati, T., Martini, D. E., Tinungki, Y. L., Sari, N. W., Martyastuti, N. E., Masithoh, R. F., Wardani, S., Isrofah, Nurjanah, S., Wati, N. M. N., & Prastiwi, D. (2023). KONSEP KEPERAWATAN DASAR. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini : konsep dan teori / Jakarta :Bumi Aksara, Sinar Grafika Offset.

Umairoh, S., & Ichsan, I. (2019). Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 157–164. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-02

Utami, T. W. P., Nasirun, M., & Ardina, M. (2019). Studi deskriptif kemandirian anak kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 151-160.

Yurissetiowati. (2021). Perkembangan anak usia dini. Penerbit Lakeisha. Jawa Tengah
Published
2024-04-29
How to Cite
TENDEAN, Angelia Friska; KALIGIS, Marbella Ivana. HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA YANG BEKERJA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH DI WATULINEY. Klabat Journal of Nursing, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 7-13, apr. 2024. ISSN 2685-7154. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjn/article/view/986>. Date accessed: 12 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.37771/kjn.v6i1.986.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.