HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN STRES PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNKLAB
Abstract
Mahasiswa tingkat akhir seringkali merasa stres dengan tuntutan akademis seperti skripsi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Klabat. Disain penelitian deskriptif korelasi melalui pendekatan cross sectional dengan teknik pengambilan sampel yaitu consecutive sampling dengan jumlah sampel yaitu 102 responden. Hasil penelitian menunjukkan responden memiliki dukungan sosial teman sebaya yang tinggi yaitu 100%, sedangkan tingkat stres pada mahasiswa yaitu stres sedang dengan jumlah responden 51 (50%) . Kesimpulan terdapat hubunganyang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Klabat dengan nilai p value = 0,013. Sementara itu, nilai koefisien korelasi yaitu r = -0.245 yang artinya hubungan lemah, semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin rendah tingkat stres atau sebaliknya. Kesimpulan mahasiswa dapat selalu mengandalkan dukungan sosial teman sebaya dalam mendukung proses pembelajaran terlebih khusus saat menyusun skripsi untuk mengurangi tingkat stres.
References
Dewi N, R. (2018). Kesulitan mahasiswa semester akhir dalam Menyusun skripsi. Skripsi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Dini P. R., Arif I. (2019). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan tingkat stres dalam menyusun tugas akhir pada mahasiswa Stikes Ngudi Waluyo Ungaran. Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan
Faqih M., F. (2020). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap stes akademik mahasiswa Malang yang bekerja. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ismiati. (2015). Problematika dan coping stres pada mahasiswa dalam menyusun skripsi. Jurnal Al Bayan.
Jane O. (2012). Health psychology. Diakses 15 November 2020 https://bit.ly/2UH99R3
Khalika N, N. (2019). Depresi karena skripsi, kampus dan dosen wajib menolong mahasiswa. Diakses 15 November 2020 https://bit.ly/35vcIjm
Lupien S. (2012). Well stressed: manage stress before it turns toxic. Canada: John
Wiley & Sons Canada, Ltd.
Manurung. (2016). Terapi reminiscence. Jakarta: CV. Trans Info Media.
Marbun A. P. S., Arneliwati, Yufitriana A. (2018). Faktor faktor yang
mempengaruhi stres mahasiswa program transfer keperawatan yang sedang menyusun skripsi. Journal Online Mahasiswa
Miftahul H. (2018). Hubungan dukungan teman