KEMATANGAN EMOSI DAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA RANTAU

  • Angelia Friska Tendean Clinical Instructor of Faculty of Nursing Universitas Klabat
  • Elsha Deeng Fakultas Keperawatan Universitas Klabat
  • Cherol Nelson Ering Universitas Sari Putra Tomohon

Abstract

Penyesuaian diri adalah proses yang melibatkan respon mental dan tingkah laku dari setiap individu yang berusaha mengatasi kebutuhan dan hambatan dalam diri agar tercipta keharmonisan antara kondisi dalam diri sendiri dengan apa yang diharapkan oleh lingkungan individu tersebut sehingga menjadi salah satu faktor dimana mempengaruhi kematangan emosi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dan penyesuaian diri mahasiswa rantau untuk pengembangan asuhan keperawatan. Metode penelitian menggunakan deskriptif korelasi melalui pendekatan cross-sectional dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 97 responden. Hasil penelitian didapati bahwa mayoritas kematangan emosi mahasiswa rantau dengan 72 responden berada pada kategori sedang (74,2%), sedangkan penyesuaian diri 59 responden dominan kategori sedang (60,8%). Hasil Uji statistik menggunakan Spearman Rank/Rho didapati tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kematangan emosi dan penyesuaian diri mahasiswa rantau Universitas Klabat (p-value 0,197>0,05. Rekomendasi bagi institusi pendidikan dapat meningkatkan program atau kegiatan kampus yang mendukung mahasiswa rantau terutama dalam beradaptasi di lingkungan kampus.


Self-adjustment is a process that involves the mental and behavioral responses of everyone who tries to overcome the needs and obstacles within themselves to create harmony between their internal conditions and what is expected by the individual's environment, so it becomes one of the factors that influence emotional maturity. This research aims to determine the relationship between emotional maturity and self-adjustment of overseas students for the development of nursing care. The research method uses descriptive correlation through a cross-sectional approach with a sampling technique using purposive sampling with a sample size of 97 respondents. The research results found that most of the overseas students' emotional maturity with 72 respondents was in the medium category (74.2%), while the self-adjustment of 59 respondents was in the medium category (60.8%). The results of statistical tests using Spearman Rank/Rho found that there was no significant relationship between emotional maturity and self-adjustment of overseas students at Klabat University (p-value 0.197>0.05. Recommendations for educational institutions, researchers hope that the research results can be used as reference material in their efforts to increase the emotional maturity and self-adjustment of overseas students.

References

1. Alligood, M. R. (2018). Nursing Theorists. United States of America: Book Aid International.
2. Asakara, K. (2020). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri PAda Pasangan Yanng Menikah Mudah. Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
3. Belay Ababu, G., Belete Yigzaw, A., Dinku Besene, Y., & Getinet Alemu, W. (2018). Prevalence of adjustment problem and its predictors among first-year undergraduate students in Ethiopian University: a cross-sectional institution based study. Psychiatry journal, 2018.
4. Demiral Yilmaz, N., Sahin, H., Nazli, A., 2020. International medical students’ adaptation to university life in Turkey. Int. J. Med. Educ. 11, 62–72. https://doi.org/10.5116/ijme.5e47.d7de
5. Ghoflnlyah, E., & Setiowati, E. A. (2017). Hubungan antara kematangan emosi dan ketrampilan sosial dengan penyesuaian diri pada santri pondok pesantren daar al furqun kudus. Proyeksi, 1-16.
6. Hadinata, D., & Jahid, A. A. (2022). Metodologi Keperawatan. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
7. Karmiana, N. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Asal Lampung. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
8. Kaur, H. (2022). Adjustment of Adolescents about Their Emosional Maturity. Ijcrt.Org, 34-40.
9. Lestari, S. S. (2016). Hubungan Keterbukaan Diri dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Rantau di Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 75-85.
10. Masturoh, I. S., & Anggita, T. N. (2017). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Kementian Kesehatan Republik Indonesia.
11. Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat stres mahasiswa baru Fakultas Kedokteran ditinjau dari tingkat penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 4(1).
12. Maulidya, I. (2021). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Selama Pembelajaran Daring. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
13. Miyanti, M. A., & Ismiradewi. (2020). Hubungan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri pada Siswa. Prosidang Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 33-42.
14. Rahma, S. (2021). Hubungan Antara Kemandirian Dan Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Perantau Di Fakultas Ushuluddin Uin Suska Riau. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
15. Rima, H., & Sari (2021). Hubungan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri pada mahasiswa perantau (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
16. Rizki, A. M. (2018). 7 jalan mahasiswa. CV Jejak (Jejak Publisher).
17. Sari, Y. (2021). Hubungan antara Kematangan Emosi dan Religiusitas dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Perantau di Asrama Daerah Mahasiswa Yogyakarta. Indonesian Psychological Research, 3(2), 75-81.
18. Sharma, B. (2012). Adjustment and Emosional Matyruty Among First Year College Students. Pakistan Jurnal of Social and Clinical Psychology, 32-37.
19. Sharma, R., Prabhakar, K., & Prof, A. M. (2013). The Internasional Jurnal of India Psychology. A Study of Relationship between Emotional Maturity and Adjustment for School Student, 1-9.
20. Siokal, B., & Sudarman, P. (2017). Falsafah Dan Teori Dalam Keperawatan. Jakarta: Perpustakaan NAtional Ri.
21. Sri, M. S., Risnawati, Dali, Harun, C. R., Supraptono, B., Aisyah, N. S., Ernawati, Y. (2023). Riset Keperawatan. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
22. Suprajitno. (2016). Pengantar Riset Keperawatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
23. Walandari, E. (2022). Stratrgi Mahasiswa Perantau Dalam Menyesuaikan Diri Terhadap Budaya Akademik Kampus (Study Kasus Mahasiswa Organisasi Primordial Uin Jakarta). Jakarta: Universitas Islam Negri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
24. Wu, Y., Liu, W., Liu, A., Lin-Schilstra, L., Lyu, P., 2021. International Students’ Mental Health Care in China: A Systematic Review. Healthc. Basel Switz. 9, 1634. https://doi.org/10.3390/healthcare9121634
25. Zulkarnain, I., Asmara, S., Sutatminingsih, R., 2020. Membentuk Konsep Diri Melalui Budaya Tutur: Tinjauan Psikologi Komunikasi. Puspantara, Medan.
26. Zhuhra, R.T., Wahid, M.H., Mustika, R., 2022. Exploring College Adjustment in First-Year Gen Z Medical Students and Its Contributing Factors. Malays. J. Med. Sci. MJMS 29, 126–137. https://doi.org/10.21315/mjms2022.29.1.12
Published
2024-10-09
How to Cite
TENDEAN, Angelia Friska; DEENG, Elsha; ERING, Cherol Nelson. KEMATANGAN EMOSI DAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA RANTAU. Klabat Journal of Nursing, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 17-23, oct. 2024. ISSN 2685-7154. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjn/article/view/1167>. Date accessed: 26 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.37771/kjn.v6i2.1167.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.