SELF-EFFICACY DAN KECEMASAN PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI UJIAN PRAKTIK LABORATORIUM
Abstract
Ujian praktikum laboratorium merupakan hal yang sering menimbulkan perasaan tidak tenang berupa kecemasan bahkan dapat mempengaruhi pola tidur/istirahat mahasiswa karena dihadapkan dengan tuntutan untuk melakukan berbagai prosedur medis. Adapun self-efficacy didapati mampu menekan kecemasan, karena self-efficacy merupakan keyakinan diri yang tinggi akan kemampuan seseorang dalam mengatasi sesuatu yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan dalam menghadapi ujian praktik laboratorium pada mahasiswa keperawatan tingkat satu semester satu di Universitas Klabat. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan rumus frekuensi, persentasi serta analisis Pearson Correlation. Terdapat 68 mahasiswa fakultas keperawatan berpartisipasi dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas 50 (73.5%) mahasiswa memiliki self efficacy yang tinggi dan mayoritas 35 (51.5%) mahasiswa berada pada kategori kecemasan sedang. Terdapat p-value = 0.000 < nilai signifikansi α = 0.05 dan r = -0.506 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dengan arah negatif antara self-efficacy dengan kecemasan dalam menghadapi ujian praktik laboratorium dengan tingkat korelasi yang sedang. Artinya, semakin tinggi self-efficacy maka semakin rendah tingkat kecemasan begitu pun sebaliknya. Rekomendasi diberikan bagi mahasiswa agar dapat melatih pola pikir optimis terhadap kemampuan diri dalam menghadapi ujian praktik laboratorium dengan tenang dan percaya diri. Bagi penelitian selanjutnya juga disarankan untuk menyusun studi yang lebih terperinci terkait dengan pengembangan self-efficacy sebagai strategi proaktif dalam mengingkatkan kesejahteraan mental, dalam mengatasi kecemasan dengan menggunakan metode serta teknik dan lokasi yang berbeda.
Laboratory practical exams are things that often cause feelings of unease in the form of anxiety and can even affect students’ sleep/ rest patterns because they are faced with demands to carry out various medical procedures. Self-efficacy was found to be able to suppress anxiety. It defines as high self-confidence in one’s ability to overcome something difficult. This study aims to identify the relationship between self-efficacy and anxiety in facing laboratory practical exams among level one nursing students. This research used a correlative descriptive design. The data collected was processed using frequency formulas, percentages and Pearson Correlation analysis. There were 68 level one nursing students participated in this research with the use of convenience sampling data collection techniques. The research results showed majority of 50 (73.5%) nursing students had high self-efficacy and the majority of 35 (51.5%) students were in moderate anxiety category. There was a significant relationship in a negative direction between self-efficacy and anxiety in facing laboratory practical exams with the p value = 0.000 < significance value α = 0.05 and r = -0.506. This means that the higher the self-efficacy, the lower the level of anxiety and vice versa. For further research, it is recommended to prepare a more detailed study related to self-efficacy involving mental well-being in overcoming anxiety, using different methods, techniques and locations.
KEYWORDS: Anxiety, Laboratory practical exams, Nursing Students, Self-efficacy
References
Annandah, A. (2022). Hubungan efikasi diri dengan tingkat kecemasan pada pasien post operasi di RS Bhayangkara Makassar. [Thesis, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar].
Arief, S., & Sumarni. (2003). Hubungan keemasan menghadapi ujian skills lab modul shock dengan prestasi yang diapai pada mahasiswa FK Universitas Gaja Mada angkatan 2000.
Arismunandar, A. (2019). Hubungan tingkat kecemasan pasien dengan tindakan pencabutan gigi di Poli gigi Puskesmas. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, 7-15.
Ayomi, A. A. (2021). Hubungan kecemasan saat mengikuti praktikum laboratorium di masa pandemi covid-19 dengan mekanisme koping. [Undergraduate thesis, Universitas Klabat].
Ayuningrum, P. D., Jumaini, & Agrina. (2022). Gambaran efikasi diri pada mahasiswa varu fakultas keperawatan UNRI di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan, 10(1), 73-83.
Budi, Y. S., Wardaningsih, S., & Afandi, M. (2017). Pengaruh situasional rerhadap kecemasan mahasiswa program studi D III keperawatan menghadapi ujian skill laboratorium: Studi mixed methods. Indonesian Journal of Nursing Practices, 1(1), 77-83.
Chandratika, D., & Purnawati, S. (2014). Gangguan cemas pada mahasiswa semester I dan VII program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran Universitas Udayanan. Jurnal Medika Udayanan (JMU), 3(4), 1-11. Diambil kembali dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/13290
Cheprasov, A (2018). What is a correlational study? Study.com: https://study.com/academy/lesson/what-is-a-correlational-study-definition-examples.html
Duarsa, H. A. P. (2019). Hubungan efikasi diri dengan tingkat kecemasan mahasiwa tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2018. [Skripsi, Fakultas Kedokteran Universitas Lampung].
Erita, Hununwidiastuti, & Leniwita, H. (2019). Buku materi pembelajaran keperawatan jiwa. Jakarta: Universitas Kristen Indonesia.
Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2015). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1-4. doi: 10.11648/j.ajtas.20160501.11
Februanti, S. & Hartono, D. (2015). Tingkat kecemasan dan tekanan darah selama praktik dan sebelum ujian praktik di laboratorium pada mahasiswa tingkat 1 program studi keprawatan Tasikmalaya. Buletin Media Informasi Edisi 1, 67-69.
Florencia, G. (2020). Mengidap ganguan kecemasan, ini dampaknya pada tubuh. Halodoc: halodoc.com/artikel/mengidap-gangguan-kecemasan-ini-dampaknya-pada-tubuh
Halianty, R. A., Mukhlis, H., Wilantika, R., Pradnya, G., Farmasita, F., & Iwanda, D. F. (2020). Kecemasan menghadapi ujian prakik ditinjau dari optimisme, kecerdasan emosi dan dukungan sosial pada mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, Teknologi, Sosial dan Pendidikan (JPM Kosonk), 2(2), 34-40.
Honicke, T. & Broadbent, J. (2016The influence of academic self-efficacy on academic performance: sistematic review. Educational Research Review, 12(2), 63-84. http://dx.doi.org/10.1016/j.edurev.2015.11.002
Hull, M. (2022). Different levels of anxiety. Diambil kembali dari The recovery village: https://www.therecoveryvillage.com/mental-health/anxiety/levels-of-anxiety/#:~:text=For%20example%2C%20people%20with%20moderate,week%2C%20but%20not%20every%20day.
Ika. (2019). Mahasiswa rentan alami kecemasan sosial. Diambil kembali dari Universitas Gajah Mada: https://www.ugm.ac.id/id/berita/17629-mahasiswa-rentan-alami-kecemasan-sosial#:~:text=Sejumlah%20penelitian%20menyebutkan%20dampak%20kecemasan,buruk%2C%20bahkan%20hingga%20putus%20kuliah.
Irwansyah, S. (2021). Hubungan self-efficacy dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh. [Thesis, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh].
Jauharotunisa, R. (2019). Pengaruh self-efficacy terhadap perilaku pencarian informasi pemustaka di perpustakaan program pascasarjana Universitas Sriwijaya. [Thesis, Universitas Sriwijaya].
Jayanti, N., Krisnawati, K., Putu, N., & Devi, S. (2021). Hubungan self-efficacy dengan kecemasan mahasiswa keperawatan menghadapi ujian praktik laboratorium. Community of Publishing in Nursing (COPING), 9(3), 287-296. Diambil kembali dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/download/62175/40578
Martins, C. (2022). Apa itu ‘anxiety’ dan apa saja gejalanya, dan apa bedanya dengan depresi?. Diambil kembali dari BBC News Indonesia: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-60330576
Mellani, N. L. P. K. (2021). Gambaran tingkat kecemasan anak remaja pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 8 wilayah kerja puskesmas III Denpasar Utara tahub 2021. [Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Denpasar].
Muallifah. (2016). Pentingnya self-efficacy dalam mencapai prestasi belajar di sekolah. Prosiding Seminar Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan Aspek Pskikologinya II, 327-332.
Mustofa, F. L., Oktobiannobel, J., & Sulesa, S. (2020). Gambaran kecemasan dalam menghadapi ujian osce ukmppd pada mahasiswa first taker pendidikan profesi dokter Universitas Malahayati batch November 2019. Jurnal Medika Malahayati, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.33024/jmm.v4i2.2503
Muyasaroh, H., Baharudin, Y. H., Fadjrin, N. N., Pradana, T. A., & Ridwan, M. (2020). Kajian jenis kecemasan masyarakan Cilacap dalam menghadapi pandemi covid 19. Pusat Penelitian Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
Nuryanti, S. (2020). Gambaran tingkat stres mahasiswa keperawatan dalam penerapan e-learning di Universitas Bhakti Kencana. [Thesis, Universitas Bhakti Kencana].
Pittara. (2022). Neuropati. Alodokter: https://www.alodokter.com/neuropati#:~:text=Gejala%20autonom%20terjadi%20pada%20saraf,Pusing%20saat%20berdiri%20atau%20pingsan.
Prabawati, H. W., & Dewi, E. (2018). Hubungan antara tingkat kecemasan dalam melakukan osca dengan hasil evaluasi mahasiswa keperawatan. [Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta].
Putra, D. R., & Nugraha, S. P. (2019). Efikasi diri dan kecemasan dalam mengnhadapi mutasi pada karyamawan. [Thesis, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia].
Ramadhiani, I. N. (2022). Statistik penelitian kesalahan bahasa. [Thesis, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta]
Sari, R. A. A. R. P., Haziroh, A. L., Pramadanti, A. D., & Putra, F. I. F. S. (2020). The moderating role of self efficacy toward multiple role conflict and job performance. JEB: Journal Economic Business, 70-80. DOI: https://doi.org/10.33830/tjeb.v1i2
Setyawan, D. (2018). Penilaian mahasiswa keperawatan terhadap kompetensi pasien simulasi. [Thesis, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta].
Suyanto, & Isrovianingrum, R. (2018). Kecemasan mahasiswa perawat sebelum mengikuti ujian keterampilan di laboratorium. Journal of Health Sciences, 11(2), 97-103.
Wielyanida, L. (2016). Kecemasan dapat mengganggu kesehatan fisik. Diambil kembali dari Binus University Faculty of Humanities: https://psychology.binus.ac.id/2016/10/21/kecemasan-dapat-mengganggu-kesehatan-fisik/
Zahra, K. (2020). Dampak gangguan kecemasan terhadap kesehatan fisik. YesDok: https://www.yesdok.com/id/article/dampak-gangguan-kecemasan-terhadap-kesehatan-fisik/