HAMBATAN MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI
Abstract
Salah satu masalah yang berhubungan dengan penyelesaian studi mahasiswa keperawatan untuk memperoleh gelar kelulusan adalah penulisan skripsi sebagai tugas akhir. Hal ini menjadi stresor tersendiri bagi mahasiswa karena anggapan sulit dan proses yang panjang serta belum berpengalaman melakukan penelitian ilmiah. Fakta menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa yang mengalami keterlambatan untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu masih sangat memperihatinkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan keterlambatan penyelesaian skripsi tersebut. Metode kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini melalui pendekatan studi cross-sectional. Data primer bersumber dari mahasiswa jurusan keperawatan yang telah dan sedang menyelesaikan skripsi di salah satu universitas swasta di Sulawesi Utara. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner melalui google form secara daring. Data dianalisis menggunakan program SPSS pada komputer secara univariat dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase, kemudian secara bivariat untuk analisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kurangnya motivasi, takut bertemu dengan dosen pembimbing, kurang pengetahuan tentang skripsi, emosi tidak stabil, kurang terampil menggunakan komputer, sakit dimasa menyusun skripsi, kesulitan biaya kuliah, dan sulit bertemu dosen pembimbing sangat signifikan asosiasinya dengan keterlambatan waktu mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Meskipun faktor-faktor lainnya tidak signifikan secara statistik namun tidak dapat diabaikan begitu saja, sehingga perlu diperhatikan baik secara internal mahasiwa terkait dan eksternal lainnya yang memerlukan tindak lanjut dari institusi terkait sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan secara bertahap.
One of the problems related to completing nursing students' studies to obtain a graduation degree is writing a thesis as a final assignment. This is a particular stressor for students because of the perceived difficulty and long process and their inexperience in conducting scientific research. The facts show that the number of students who experience delays in completing their thesis on time is still very worrying. This research aims to analyze the factors related to delays in completing the thesis. Quantitative methods were applied in this research through a cross-sectional study approach. Primary data comes from students majoring in nursing who have completed and are currently completing their thesis at a private university in North Sulawesi. Data was collected using a questionnaire via online Google form. Data were analyzed using the SPSS program on a computer univariately in the form of frequency and percentage distributions, then bivariately to analyze the relationship between variables. The results of the research show that the factors of lack of motivation, fear of meeting the supervisor, lack of knowledge about the thesis, unstable emotions, lack of skill in using computers, illness while writing the thesis, difficulties with tuition fees, and difficulty meeting the supervisor have a very significant association with students' time delays in complete the thesis. Even though other factors are not statistically significant, they cannot be ignored, so they need to be taken into account both internally by the students concerned and other external factors that require follow-up from the relevant institutions so that the problem can be resolved gradually.
KEYWORDS: Hindrance, Nursing, Student, Thesis
References
Amelia, D., Elita, V., & Utomo, W. (2022). Gambaran Resiliensi Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Masa Pandemi Covid-19. JUKEJ : Jurnal Kesehatan Jompa, 1(2), 100–108. https://doi.org/10.57218/jkj.Vol1.Iss2.394
Andani, E. M., & Oktaviani, O. (2019). Analisis Kendala Mahasiswa Dalam Proses Penulisan Skripsi (Studi Kasus: Mahasiswa Tahun Masuk 2010-2013 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNP). CIVED, 5(4). https://doi.org/10.24036/CIVED.V5I4.102478
Daawi, M. M., & Nisa, W. I. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap tingkat Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 67–75. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i1.556
Etika, N., & Hasibuan, W. F. (2016). Deskripsi Masalah Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.33373/KOP.V3I1.265
Frisca, S., Purnawinadi, I. G., Ristonilassius, Yunding, J., Panjaitan, M. D., Khotimah, Febrianti, N., Hidayat, W., Megasari, A. L., Dewi, A. R., Herawati, T., Soputri, N., Suryani, K., & Pangaribuan, S. M. (2022). Penelitian Keperawatan (R. Watrianthos, Ed.). Yayasan Kita Menulis.
Hamid, A. M. Z. P., & Martha, E. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Dalam Menyusun Tesis. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 283–289. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i3.2148
Ichsan, B. (2022). Pengantar Metodologi Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan Masyarakat. Muhammadiyah University Press.
Kocimaheni, A. A., Aminin, Z., & Kartika, A. D. (2020). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya Dalam Penyelesaian Studinya. Paramasastra, 7(2), 139. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v7n2.p139
Mawarti, H., Simbolon, I., Purnawinadi, I. G., Khotimah, Pranata, L., Simbolon, S., Mubarak, Simanjuntak, S. M., Faridah, U., Zuliani, Koerniawan, D., & Maramis, J. R. (2021). Pengantar Riset Keperawatan (R. Watrianthos, Ed.; Issue Oktober). Yayasan Kita Menulis.
Nugrahanti, T. P., Qurtubi, A. N., Nazmi, R., Husnita, L., & Zahruddin, A. (2023). Pelatihan Pencarian Referensi Penelitian di Jurnal Index Scopus dan Pengenalan Mendeley Desktop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Tingkat Akhir. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 585–591. https://doi.org/10.31004/JH.V3I2.292
Pambudhi, A. Y., Abas, M., Marhan, C., & Fajriah, L. (2022). Strategi Coping Stress Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 110–122. https://doi.org/10.36709/JAPEND.V3I2.5
Permatasari, R., Asrifin, M., & Padilah, R. (2021). Studi Deskriptif Dampak Psikologis Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi Dalam Penyususnan Skripsi di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 127–141. https://doi.org/10.46838/JBIC.V2I1.64
Pratiwi, D. E., & Roosyanti, A. (2019). Analisis Faktor Penghambat Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 101–114. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11272
Purnawinadi, I. G., Wardani, Y. S., Koro, S., Utami, R. A., Rahmadani, P., Dewi, R. K., Panjaitan, M. D., Hilda, Efriza, Murtani, F., & Elizawarda. (2023). Manajemen dan Analisis Data Penelitian Kuantitatif Kesehatan (R. Watrianthos, Ed.). Yayasan Kita Menulis.
Rahmawati, A., Mandagi, C. K. F., Rattu, J. A. M., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., & Abstrak, M. (2020). Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Motivasi Mahasiswa Penulis Skripsi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 9(7). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/kesmas/article/view/31612
Risparyanto, A. (2019). Pelayanan bimbingan literasi dan sumber informasi perpustakaan bagi mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(1), 1. https://doi.org/10.22146/bip.36842
Rosyad, Y. S. (2019). Tingkat Stres Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yogyakarta Dalam Mengerjakan Skripsi Tahun Akademik 2018/2019. CAHAYA PENDIDIKAN, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.33373/chypend.v5i1.1872
Sulasteri, S., Nur, F., & Kusumayanti, A. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Mahasiswa UIN Alaudin Makassar Menyelesaikan Skripsi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 96–113. https://doi.org/10.24252/IDAARAH.V3I1.9389
Umriana, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. At-Taqaddum, 11(2), 186. https://doi.org/10.21580/at.v11i2.4566
Usraleli, U., Melly, M., & Deliana, R. (2020). Hubungan Strategi Koping dengan Tingkat Stres Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau yang Menyusun Skripsi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 967. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1085
Wakhyudin, H., Dwi, A., & Putri, S. (2020). Aanalisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 14–18. https://doi.org/10.24176/WASIS.V1I1.4707
Wangid, M. N., & Sugiyanto, D. (2013). Identifikasi Hambatan Struktural dan Kultural Mahasiswa Dalam Menyelesaiakan Tuga Akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.21831/JPIPFIP.V6I2.4794
Yahrif, M., & Supardi, R. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Mahasiswa Semester Akhir. ABDI SAMULANG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.61477/abdisamulang.v2i1.11
Arfiani, B. (2018). Motivasi Mahasiswa Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kecemasan
Mahasiswa Dalam Penyusunan Tugas Akhir. Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan
Volume 9 Nomor 1 tahun 2018. LPPM STIKES 'Aisyiyah Palembang. Diakses tanggal
12 Februari 2021, Online: http://jurnal.stikes-aisyiyahpalembang.ac.id/index.php/Kep/about
Pratama, R., Burhanto. (2018). Pengaruh Terapi Tertawa terhadap Tingkatan Stres Psikologi
dalam Menyusun Tugas Akhir pada Mahasiswa Keperawatan Semester 7 di Universitas
Muhammadiyah Kalimantan Timur. Digital Repository Universitas Muhammadiyah
Kalimantan Timur. Diakses tanggal 12 Februari 2020, Online:
https://dspace.umkt.ac.id/handle/463.2017/852
Santrock, J.W. (2002). Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup Jilid 2. Terjemahan
Achmad Chusairi dan Juda Damanik. Jakarta: Erlangga