Kebiasaan Berbahasa Inggris dan Rencana Kerja ke Luar Negeri dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Keperawatan
Abstract
Hasil belajar mahasiswa keperawatan merupakan indikator penting dalam menilai kesiapan mereka memasuki dunia kerja, terutama di tengah meningkatnya kebutuhan tenaga kesehatan global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kebiasaan berbahasa Inggris dan rencana kerja ke luar negeri dengan hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa keperawatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif komparatif dan metode longitudinal. Data dikumpulkan dari mahasiswa Fakultas Keperawatan pada salah satu universitas swasta di Sulawesi Utara selama semester ganjil tahun ajaran 2024–2025. Data dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis dan dilanjutkan dengan Dunn Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam hasil belajar berdasarkan kebiasaan berbahasa Inggris dan rencana kerja ke luar negeri (p < 0,05). Mahasiswa yang lebih sering menggunakan bahasa Inggris serta memiliki rencana kerja ke luar negeri cenderung memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok lainnya. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor kebiasaan dan motivasi karier memiliki kontribusi penting terhadap capaian akademik. Pentingnya penguatan pembelajaran bahasa Inggris dan bimbingan karier global dalam pendidikan keperawatan, serta perlunya penelitian lanjutan dengan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi dimensi motivasional secara lebih mendalam.
Nursing students' learning outcomes are important indicators in assessing their readiness to enter the workforce, especially amidst the increasing need for global health workers. This study aims to analyze the relationship between English language habits and overseas work plans with nursing students' English language learning outcomes. This study used a quantitative approach with a comparative descriptive design and longitudinal method. Data were collected from students of the Faculty of Nursing at a private university in North Sulawesi during the odd semester of the 2024–2025 academic year. Data were analyzed using the Kruskal-Wallis test and continued with the Dunn Test. The results showed significant differences in learning outcomes based on English language habits and overseas work plans (p < 0.05). Students who use English more often and have overseas work plans tend to have higher learning outcomes than other groups. These findings indicate that career habit and motivation factors have important contributions to academic achievement. The importance of strengthening English language learning and global career guidance in nursing education, as well as the need for further research with a qualitative approach to explore the motivational dimension in more depth.