Efektivitas Edukasi Menggunakan Kartu Kuartet Terhadap Pengetahuan Mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia Sekolah
Abstract
Anak usia sekolah merupakan kelompok yang rentan terhadap penyakit, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kesehatan mereka dengan menggunakan media promosi kesehatan yang menarik dan efektif. Kartu kuartet adalah kartu yang berisi informasi yang disertai gambar menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi dengan kartu kuartet terhadap pengetahuan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat pada anak-anak di SDN 18 Pandu. Desain penelitian ini menggunakan metode pre-test post-test dengan satu grup. Populasi penelitian terdiri dari 35 siswa kelas V yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Para siswa diberikan permainan edukatif kartu kuartet yang berisi pesan-pesan PHBS pada setiap kartu. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengetahuan adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara bivariate menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan siswa sebelum diberikan edukasi adalah 68,43% (SD = 10,553), sementara setelah diberikan edukasi, rata-rata pengetahuan meningkat menjadi 86,71% (SD = 7,389). Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari edukasi dengan kartu kuartet terhadap peningkatan pengetahuan siswa, dengan nilai p 0,000 < 0,05. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memanfaatkan kartu kuartet untuk meningkatkan pengetahuan tentang PHBS di area pengetahuan lainnya, seperti pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi.
School-age children are a group that is vulnerable to disease, so efforts are needed to improve their health by using attractive and effective health promotion media. Quartet cards are cards that contain information accompanied by attractive images. This study aims to determine the effect of education with quartet cards on knowledge about clean and healthy living behavior in children at SDN 18 Pandu. The design of this study used the pre-test post-test method with one group. The study population consisted of 35 fifth grade students selected using purposive sampling techniques. Students were given an educational game of quartet cards containing PHBS messages on each card. The instrument used to measure knowledge was a questionnaire. Data analysis was carried out bivariately using the Wilcoxon test. The results showed that the average knowledge of students before being given education was 68.43% (SD = 10.553), while after being given education, the average knowledge increased to 86.71% (SD = 7.389). This study shows that there is a significant effect of education with quartet cards on increasing student knowledge, with a p value of 0.000 <0.05. Further research is expected to utilize the quartet card to improve knowledge about PHBS in other areas of knowledge, such as understanding, application, analysis, synthesis, and evaluation.