Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Stres Mahasiswa Diploma III Keperawatan Pada Penyusunan Karya Tulis Ilmiah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat stres mahasiswa program DIII Keperawatan Universitas Advent Surya Nusantara dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional dan melibatkan 47 mahasiswa tingkat akhir sebagai responden yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner Perceived Social Support from Family (PSS-Fa) untuk mengukur dukungan keluarga dan Perceived Stress Scale (PSS-10) untuk mengukur tingkat stres mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa (83%) mendapatkan dukungan keluarga yang baik, sementara 17% lainnya melaporkan dukungan keluarga yang kurang baik. Sebagian besar mahasiswa mengalami tingkat stres sedang (51%) dan tinggi (40%), sedangkan hanya 9% yang mengalami stres rendah. Analisis statistik bivariat menggunakan uji Pearson Chi-Square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dan tingkat stres mahasiswa, semakin tinggi dukungan keluarga, semakin rendah tingkat stres yang dialami mahasiswa. Namun, penelitian ini juga menyoroti bahwa selain dukungan keluarga, faktor lain seperti tekanan akademik, lingkungan sosial, dan kesiapan individu turut berkontribusi terhadap tingkat stres mahasiswa. Peneliti selanjutnya dapat menggali lebih dalam mengenai variabel lain yang turut memengaruhi tingkat stres mahasiswa, seperti faktor kepribadian, manajemen waktu, atau dukungan sosial dari teman sejawat.
This study aims to analyze the relationship between family support and stress levels among students in the Diploma III Nursing Program at Universitas Advent Surya Nusantara during the process of writing scientific papers. The study employs a quantitative method with a cross-sectional design and involves 47 final-year students as respondents, selected using the total sampling technique. Data were collected through the Perceived Social Support from Family (PSS-Fa) questionnaire to measure family support and the Perceived Stress Scale (PSS-10) to assess student stress levels. The results indicate that the majority of students (83%) received good family support, while 17% reported inadequate support. Most students experienced moderate (51%) and high (40%) stress levels, while only 9% had low stress levels. A bivariate statistical analysis using the Pearson Chi-Square test revealed a significant relationship between family support and student stress levels. It means that the higher the family support, the lower the stress levels experienced by students. However, this study also highlights that, in addition to family support, other factors such as academic pressure, social environment, and individual readiness contribute to student stress levels. The next researchers could explore other variables that may influence students' stress levels, such as personality factors, time management, or social support from peers.