Hubungan Tingkat Stres dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Keperawatan Pada Penyusunan Karya Tulis Ilmiah

  • Mutiara Sandayani Priti Nainggolan Fakultas Keperawatan Universitas Advent Indonesia
  • Jeanny Rantung Fakultas Keperawatan Universitas Advent Indonesia

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir sering mengalami masalah stres seperti tugas kuliah yang sulit, ujian, masalah adaptasi, perbedaan bahasa, biaya kuliah, dan perkiraan waktu penyelesaian tugas akhir. Stres adalah salah satu penyebab kualitas tidur siswa yang buruk. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan kualitas tidur mahasiswa keperawatan yang sedang menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif analitik dengan total 47 responden. Pengukuran tingkat stres dilakukan menggunakan Depression Anxiety Stress Scales (DASS) dan kualitas tidur diukur menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengalami stres berat (40,4%) dan sebagian besar memiliki kualitas tidur buruk (97,9%). Namun, uji korelasi Pearson menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara tingkat stres dan kualitas tidur (r = -0.25; p = 0.09). Hasil ini menunjukkan bahwa faktor lain mungkin lebih mempengaruhi kualitas tidur mahasiswa keperawatan seperti edukasi manajemen stres, dan gaya hidup sehat.


Senior year students often experience stress problems such as difficult assignments, exams, tuition fees, and estimated time to complete the final assignment. Stress is one of the causes of poor sleep quality in students. This study aims to determine the relationship between stress levels and sleep quality of nursing students who are preparing Scientific Paper Research (KTI). This study used analytic descriptive quantitative method with a total of 47 respondents. Measurement of stress levels was carried out using the Depression Anxiety Stress Scales (DASS) and sleep quality was measured using the Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). The results showed that the majority of students experienced severe stress (40.4%) and most had poor sleep quality (97.9%). However, Pearson correlation test showed no significant relationship between stress level and sleep quality (r = -0.25; p = 0.09). These results suggest that other factors may have more influence on the sleep quality of nursing students such as stress management education and a healthy lifestyle.

Published
2025-04-27
How to Cite
NAINGGOLAN, Mutiara Sandayani Priti; RANTUNG, Jeanny. Hubungan Tingkat Stres dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Keperawatan Pada Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Nutrix Journal, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 126-134, apr. 2025. ISSN 2580-6432. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/nutrix/article/view/1294>. Date accessed: 04 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.37771/nj.v9i1.1294.