Pengaruh Verbal Bullying Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa SMP Swasta di Jakarta

  • Gabriella Sabatini Sirait Fakultas Keperawatan Universitas Advent Indonesia
  • Monalisa Sitompul Fakultas Keperawatan Universitas Advent Indonesia

Abstract

Verbal bullying dapat berdampak pada perkembangan sosial siswa, termasuk kecerdasan interpersonal mereka. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh verbal bullying terhadap kecerdasan interpersonal siswa pada salah satu sekolah Swasta di Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat verbal bullying dan kecerdasan interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel terdiri dari 53 siswa kelas VII-IX yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa mengalami verbal bullying tinggi (50,9%) dan memiliki kecerdasan interpersonal tinggi (73,6%), tetapi tidak ditemukan pengaruh yang signifikan antara keduanya (p = 0,531). Penelitian ini menyarankan siswa untuk belajar saling menghormati, dan guru mengajarkan cara bergaul positif, serta pembaca untuk mendukung lingkungan ramah bagi remaja.


Verbal bullying can have an impact on students social development, including their interpersonal intelligence. This study examines the effect of verbal bullying on the interpersonal intelligence of private junior high school students in Jakarta. The purpose of this study was to determine the relationship between the level of verbal bullying and students interpersonal intelligence. This study used a quantitative design with a cross-sectional approach. The sample consisted of 53 students selected using the total sampling technique. Data were collected through questionnaires and analyzed using simple linear regression test. The results showed that the majority of students experienced high verbal bullying (50.9%) and had high interpersonal intelligence (73.6%), but no significant influence was found between the two (p = 0.531). The study recommends that students learn mutual respect, teachers promote positive social skills, and readers support a bullying-free environment for adolescents.

Published
2025-04-27
How to Cite
SIRAIT, Gabriella Sabatini; SITOMPUL, Monalisa. Pengaruh Verbal Bullying Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa SMP Swasta di Jakarta. Nutrix Journal, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 94-101, apr. 2025. ISSN 2580-6432. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/nutrix/article/view/1290>. Date accessed: 04 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.37771/nj.v9i1.1290.