Pengaruh Komunikasi Terapeutik Terhadap Kepuasan Pasien di Praktik Mandiri Bidan

  • Evi Nurafiyati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rahmi Winangsih Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, 42124, Indonesia
  • Nia Kania Kurniawati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, 42124, Indonesi

Abstract

Kepuasan seorang pasien pada layanan kesehatan bidan dipengaruhi faktor komunikasi terapeutik, komunikasi yang diterima akan menjadi pertimbangan bagi pasien untuk mempercayakan kesehatannya kepada bidan, dalam teori pertukaran sosial hubungan manusia diibaratkan seperti pertukaran ekonomi yang saling menguntungkan, bidan bangga apabila pasien puas dengan layanan kesehatannya yang akan berdampak pada keberlangsungan praktiknya, begitupun pasien yang menginginkan layanan kesehatan sesuai dengan harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi terapeutik bidan dengan pasien terhadap kepuasan pasien Praktik Mandiri Bidan (PMB) Fia Amalia, S.ST. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan jenis pendekatan cross-sectional. Teknik sampel dalam pengujian ini adalah accidental sampling dengan sampel 96 responden. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh komunikasi terapeutik bidan dengan pasien terhadap kepuasan pasien dengan nilai signifikansi diperoleh 0.000 < 0.05. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan perlu adanya pembaharuan peneltian seperti memasukan variabel motivasi dalam penelitian, motivasi yaitu nasehat agar pasien merasa tabah dalam menghadapi penyakit yang dideritanya.

Published
2024-10-31
How to Cite
NURAFIYATI, Evi; WINANGSIH, Rahmi; KURNIAWATI, Nia Kania. Pengaruh Komunikasi Terapeutik Terhadap Kepuasan Pasien di Praktik Mandiri Bidan. Nutrix Journal, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 179-187, oct. 2024. ISSN 2580-6432. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/nutrix/article/view/1142>. Date accessed: 13 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.37771/nj.v8i2.1142.