ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA KEPERAWATAN DENGAN METODE WORKLOAD INDIKATOR STAFF NEED (WISN) DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH GAMBIRAN KEDIRI

  • Baiq Yuliarti Kusumawardani Institut Ilmu Kesehatan STRADA Kediri
  • Ratna Wardani Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan, Magister Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Strada Indonesia
  • Bagus Priambodo Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan, Magister Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Strada Indonesia
  • Eko Yunito Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan, Magister Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Strada Indonesia
  • Dhiyo Almas F Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan, Magister Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Strada Indonesia
  • Effie Ardiyanti Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan, Magister Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Strada Indonesia
  • Efin Sulistyorini Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan, Magister Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Strada Indonesia

Abstract

Tingginya angka prevalensi penyakit karies gigi menunjukkan bahwa penyakit ini perlu diperhatikan sejak dini khususnya pada anak sekolah dasar. Penyuluhan kesehatan gigi secara dini merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya penyakit gigi dan mulut pada anak. Salah satu metode penyuluhan kesehatan yaitu melalui pendidikan kesehatan seperti bermain dan ceramah. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara metode bermain dan ceramah terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak sekolah dasar. Desain penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimental tipe studi pre eksperiment one group pre-test and post-test design. Sampel yang digunakan sebanyak 90 responden dengan menggunakan teknik total sampling, yang terbagi atas dua kelompok metode bermain dan ceramah. Analisis menggunakan uji statistik paired t-test dan independent t-test. Pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan dengan metode bermain nilai signifikansi 0,005 (p<0,05), dan metode ceramah nilai signifikansi 0,002 (p<0,05). Hasil uji independent t-test perbedaan pengetahuan antara metode bermain dan ceramah nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Ada perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan metode bermain. Ada perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan metode ceramah. Ada perbedaan signifikan lebih tinggi pada kelompok dengan penyuluhan menggunakan metode bermain. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya dapat membandingkan antara metode bermain dengan metode penyuluhan kesehatan lainnya seperti diskusi kelompok atau bermain peran (role play).


 


KATA KUNCI: Anak Sekolah Dasar, Kesehatan Gigi Dan Mulut, Metode Bermain, Metode Ceramah.


 


ABSTRACT


The high prevalence rate of dental caries shows that this disease needs to be considered from an early age, especially in elementary school children. Early dental health education is one effort to prevent dental and oral diseases in children. One method of health education is through health education such as playing and lectures. The aim of the study was to find out whether there is a difference between the playing and lecture methods on oral and dental health knowledge in elementary school children. The research design used is a descriptive method with a quantitative approach, using an experimental method with the type of pre-experimental one group pre-test and post-test design. The sample used was 90 respondents using a total sampling technique, which was divided into two groups of play and lecture methods. Analysis uses paired t-test and independent t-test statistical tests. Knowledge before and after counseling with the playing method had a significance value of 0.005 (p<0.05), and the lecture method had a significance value of 0.002 (p<0.05). The results of the independent t-test on the difference in knowledge between playing and lecturing methods had a significance value of 0.000 (p<0.05). There is a significant difference before and after being given counseling using the play method. There is a significant difference before and after being given counseling using the lecture method. There was a significantly higher difference in the group with counseling using the play method. Future research can compare the playing method eith other health education methods such as group discussions or role play.


 


KEYWORDS: elementary school children, oral health, play method, lecture method.

Published
2023-10-29
How to Cite
KUSUMAWARDANI, Baiq Yuliarti et al. ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA KEPERAWATAN DENGAN METODE WORKLOAD INDIKATOR STAFF NEED (WISN) DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH GAMBIRAN KEDIRI. Klabat Journal of Nursing, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 10-14, oct. 2023. ISSN 2685-7154. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjn/article/view/956>. Date accessed: 12 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.37771/kjn.v5i2.956.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.