DURASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN SUASANA HATI PADA MAHASISWA KEPERAWATAN TAHUN PERTAMA
Abstract
Durasi penggunaan media sosial telah menjadi perhatian utama dalam kaitannya dengan kesehatan mental, khususnya suasana hati..Tujuan penelitian ini untuk diketahui hubungan antara durasi penggunaan media sosial dengan suasana hati pada mahasiswa keracunan tingkat 1 Universitas Klabat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian korelasional deskriptif melalui pendekatan cross sectional. Instrumen yang dipakai adalah kuesioner dalam bentuk google form. Teknik pengambilan sampel peneliti menggunakan total sampling dengan jumlah 136 responden tetapi hanya mendapat 131 responden. Responden yang memiliki durasi penggunaan media sosial yang tinggi dan juga dengan suasana hati yang positif adalah 56 (42,7%), sedangkan responden yang memiliki durasi penggunaan media sosial yang tinggi dengan suasana hati yang negatif yaitu 44 (33,6%) responden. Hasil uji statistik menggunakan rumus Spearman Rank didapati p value 0,387 > 0,05 sehingga Ho gagal ditolak. Yang berarti tidak ada hubungan antara durasi penggunaan media sosial dengan suasana hati mahasiswa tingkat 1 Universitas Klabat. Rekomendasi bagi mahasiswa agar mampu mengenali dan mengelola keadaan emosi yang nantinya menentukan suasan hati yang mendukung akan Kesehatan mental, demikian juga dengan durasi dalam penggunaan sosial media dikurangkan.
Mood is a state of mind particulary emotional, that could change momentarily. There are two main moods, namely positive mood and negative mood. One solution to improve the mood among students is by playing on social media. The aim of this research was to determine whether there was a relationship between the duration of social media use and mood in level 1 poisoning students at Klabat University. This research uses a quantitative research design, with descriptive correlational research methods using a cross sectional approach. The researcher's sampling technique used total sampling with a total of 136 respondents but only got 131 respondents. Respondents who had a high duration of social media use and had a positive mood were 56 (42.7%), while respondents who had a high duration of social media use with a negative mood were 44 (33.6%) respondents. The results of statistical tests using the Spearman Rank formula found a p value of 0.387 > 0.05 so that Ho failed to be rejected. Which means there is no relationship between the duration of social media use and the mood of level 1 students at Klabat University Recommendations for students to be able to recognize and manage emotional states that will later determine a mood that supports mental health, as well as reducing the duration of social media use
References
2. Adinda, R. (2022). Pikiran Negatif: Penyebab, Efek, dan Cara Mengatasinya. Gramedia. https://www.gramedia.com/best-seller/pikiran-negatif/
3. Anang Sugeng Cahyono. (2020). Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari'Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
4. Angelo Gonzalo. (2023). Hildegard Peplau. Nurselabs.
5. Ardat Ahmad & Dr. Indra Jaya. (2021). Biostatistik: Statistik dalam Penelitian Kesehatan. Prenadamedia Group. https://books.google.co.id/books?id=PNpBEAAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false
6. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022, June 10). APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022. Data Indonesia.id.
7. Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
8. Fauziyah, S. (2017). Pengaruh Religiusitas dan Suasana Hati (Mood) Terhadap Kinerja Karyawan Ayam Geprak Mak Sunah Madiun. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang Maulana Malik Ibrahim, 1–88. http://etheses.uin-malang.ac.id/9351/
9. Fitriani. (2022). Metode Penelitian. Repository.Stei.Ac.Id, Variabel X, 1–23.
10. Galang, I. P., Putra, D., Dra, S., Marhaeni, A., & Si, M. (2015). Sosial Twitter Pada Remaja Akhir. Psikologi Udayana, 2(1), 48–58. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/download/25140/16351/
11. Hepilita, Y., & Gantas, A. A. (2018). Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial dengan Gangguan Pola Tidur pada Anak Usia 12 sampai 14 Tahun di SMP Negeri 1 Langke Rembong. Jurnal Wawasan Kesehatan, 3(2), 78–87.
12. Khoirunnisa, F. G., Puspita, A., Dianingtyas, R. A., & Al Janah, N. M. (2019). Pengaruh pemberian media visual dan audio terhadap mood (afek positif dan negatif) pada rentang usia 19-23. Hasil Penelitian Eksperimen 2019: Cluster Tema: Emosion, Perceptin, Attention Dan Mood, 14–22. http://digilib.uin-suka.ac.id/36634/2/Farhah Gusti Khoirunnisa%2C Agasari Puspita%2C Regina Agni Dianingtyas%2C %26 - Pengaruh pemberian media visual dan audio.pdf
13. Nasir, N. (2023). Kesulitan-Kesulitan Proses Adaptasi Mahasiswa Baru: Studi Kasus pada Salah Satu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Indramayu. Gema Wiralodra, 13(2), 883–892. https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.232
14. Nugraheni, Y., & Anastasia, Y. W. (2017). Sosial media habit remaja Surabaya. Jurnal Komunikatif, 6 No.1, 17. http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/1585
15. Nurhasanah, A., Day, S. C. P., & ... (2023). Media Sosial Tiktok Sebagai Media Penjualan Digital Secara Live di Kalangan Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. JSSH Jurnal Sains. 7(September 2023), 69–77. https://doi.org/10.30595/jssh.v7i2.16304
16. Nurjanah, S. (2020). Hubungan Antara Tingkat Stres dengan Proses Adaptasi Pada Mahasiswa Baru Keper-awatan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, September, 291–294. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM
17. Pranajaya Patah Syarifhidayat & H. Wicaksono. (2017). Pemanfaatan aplikasi whatsapp (wa) di kalangan pelajar (kasus di MTS Al Muddatsiriyah dan MTS Jakarta Pusat). 7, 98–109.
18. Pratama. (2017, January 20). Sosial media dan anak muda saat ini. Rektorat.
19. Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
20. Sandeep Sekhon; Vikas Gupta. (2023). Mood Disorder. StatPearls.
21. Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 207. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476
22. Shasya Khairana. (2023). 7 Faktor yang Bisa Memengaruhi Mood. https://www.idntimes.com/life/inspiration/shasya-khairana/faktor-yang-bisa-memengaruhi-mood-c1c2?page=all
23. Sulistyana, C. S., & Lestari, A. P. (2022). Durasi Penggunaan Media Sosial dengan Perubahan Mood Mahasiswa Saat Perkuliahan Online. Adi Husada Nursing Journal, 8(1), 43. https://doi.org/10.37036/ahnj.v8i1.226
24. Supriyono, F. A. L. (2020). Studi Kasus Mood (Suasana Hati) dan Pola Interaksi Sosial Anak Down Syndrome. 2011, 9. http://repository.ump.ac.id/12708/
25. Valkenburg, P. M., Peter, J., Schouten, A. P. (2006). Friend networking sites and their relationship to adolescents’ well-being and social self-esteem. Cyberpsychol Behav. 9(5) doi: 10.1089/cpb.2006.9.584.
26. Verduyn, P., Ybarra, O., Resibois, M., Jonides, J., Kross, E. (2017). Do Social Network Sites Enhabce or Undermine Subjective Well-Being? A Critical Review. Social Issues and Policy Review. 11(1) https://doi.org/10.1111/sipr.12033
27. Wardani, R. (2018). Pengaruh Mood Konstruktif dan Tidak Konstruktif Terhadap Pengambilan Keputusan dalam Audit. Jurnal Online Insan Akuntan (JOIA), 3(1), 31–38. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/890
28. Wibowo, & Budi, A. Y. (2021). Hubungan Antara Durasi Penggunaan Media Sosial Dengan Tingkat Atensi Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Angkatan 2017 IAIN Kediri. Jurnal Psyche, 1(1), 12–36.