MEKANISME KOPING DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA PROFESI NERS FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS KLABAT

  • Ellen Padaunan

Abstract

Kecemasan yang sering dialami oleh mahasiswa terkait dengan praktek klinik keperawatan, seperti merasa cemas tentang hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, misalnya berpindah lokasi dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Untuk mengatasi kecemasan  individu bisa menggunakan mekanisme koping yang berfokus pada masalah, kognitif, dan emosi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mekanisme koping dengan kecemasan pada mahasiswa profesi ners. Metode yang digunakan yaitu cross sectional, dengan uji statistik menggunakan spearman rank. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling dengan jumlah 86 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa mekanisme koping responden sebagian besar berada pada kategori Adaptif dengan jumlah responden 58 orang (67,4%) dan  tingkat kecemasan dalam kategori normal dengan jumlah 76 orang (88,4%). Analisa bivariat dengan menggunakan spearmen’s rho antara mekanisme koping dengan kecemasan pada mahasiswa profesi ners dengan nilai p= 0,000 nilai r= 0,510 dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara mekanisme koping dengan kecemasan dan keeratan hubungan sedang. Direkomendasikan pada mahasiswa diharapkan tetap menerapkan mekanisme koping ke arah yang postif dalam menghadapi kecemasan pada saat melaksanakan praktik keperawatan. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat  digunakan sebagai referensi untuk mengetahui variabel lain yang paling mempengaruhi kecemasan mahasiswa dan mekanisme koping yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti konsep diri, dukungan sosial dan  self efficacy


Anxiety often experienced by students related to nursing clinical practice, such as feeling anxious about new things they have never done before, for example, moving from one location to another. To cope with anxiety, individuals can use problem-focused, cognitive, and emotional coping mechanisms. The purpose of this research is to determine the relationship between coping mechanisms and anxiety among nursing students. The method used is cross-sectional, with statistical testing using the Spearman rank. The sampling technique used is convenience sampling with a total of 86 respondents. The research results show that the coping mechanisms of the respondents are mostly in the Adaptive category, with 58 respondents (67.4%) and the anxiety level in the normal category with 76 respondents (88.4%). Bivariate analysis using Spearman's rho between coping mechanisms and anxiety in nursing students with a p-value of 0.000 and an r-value of 0.510 concludes that there is a significant relationship between coping mechanisms and anxiety, with a moderate strength of relationship. It is recommended that students continue to apply positive coping mechanisms in dealing with anxiety during nursing practice. For future research, it is hoped that this study can be used as a reference to identify other variables that most influence student anxiety and coping mechanisms not examined in this study, such as self-concept, social support, and self-efficacy.

References

1. Alfikrie, F., Purnomo, A., & Selly, R. (2020). Pengaruh Relaksasi Napas Dalam Terhadap Kecemasan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Hemodialisa. Borneo Nursing Journal (BNJ), 2(2), 1–8. https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ
2. Bataman, T., Amir, N., & Idris, I. (2020). Leksikon istilah kesehatan jiwa (2nd ed.). Egc. https://www.google.co.id/books/edition/Leksikon_Istilah_Kesehatan_Jiwa_Ed_2/PUr-clupC5oC?hl=id&gbpv=0
3. Buhari, B., Widiawati, S., & Ellijayanti, A. (2020). Hubungan peran preceptor dan pengetahuan mahasiswa keperawatan dengan kecemasan dalam pembelajaran praktik klinik di rumah sakit. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 5(1). https://doi.org/10.36729/jam.v5i1.304
4. Fadhilah et al. (2023). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan mahasiswa profesi ners dalam mengikuti praktik klinik keperawatan. Nursing Current Vol. 11 No. 1, Januari 2023
5. Handayani, R., & Ramadini, I. (2023). Konsep dasar komunikasi terapeutik, manajemen stres kerja, dan caring keperawatan (M. Ekaputri (ed.)). PT. Nasya expanding management. https://www.google.co.id/books/edition/Konsep_Dasar_Komunikasi_Terapeutik_Manaj/tQfHEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1
6. Huda, A. dan K, Hardhi. (2015). Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis &Nanda Nic Noc. Jogjakarta: MediAction
7. Mahutri et al (2022), Gambaran mekanisme koping stres pada mahasiswa profesi keperawatan di satu universitas swasta Indonesia barat Jurnal Keperawatan Volume 14 Nomor 2, Juni2022e-ISSN 2549-8118;p-ISSN2085-1049 http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan
8. Maramis, J. R., & Mokalu, V. V. (2021). Hubungan kecerdasan emosional dengan mekanisme koping pada mahasiswa tingkat akhir profesi ners universitas klabat. 3(2), 36–42.
9. Maswan, K. (2021). Kecemasan komunikasi (1st ed.). Unisnu press. https://www.google.co.id/books/edition/KECEMASAN_KOMUNIKASI/JoNqEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=kecemasan&pg=PA6&printsec=frontcover
10. Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (T. M (ed.)). https://books.google.co.id/books?id=j-igDwAAQBAJ&pg=PA35&dq=desain+penelitian+adalah&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwj-iKy9nNP6AhUBk-YKHZPUAZIQ6AF6BAgCEAM#v=onepage&q=desain penelitian adalah&f=false
11. Oktaviana, S., Maimunah, S., & Ekayamti, E. (2021). Hubungan Mekanisme Koping dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat III Akper Pemkab Ngawi yang akan Melaksanakan Praktik Klinik pada Masa Pandemi. E-Journal Cakra Medika, 8(2), 16. https://doi.org/10.55313/ojs.v8i2.73
12. Putri, Z. (2023). Upaya meningkatkan resiliensi perawat untuk mencegah distres psikologis dan burnout di tempat kerja (1st ed.). CV. Adanu abimanta.
13. Rahmaniza, Fatma Nadia, Rika Mianna, & Triana Harlia Putri. (2022). Mekanisme koping terhadap tingkat kecemasan mahasiswa stikes al insyirah pekanbaru selama masa pandemi covid 19. Al-Asalmiya Nursing: Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences), 11(2), 134–140. https://doi.org/10.35328/keperawatan.v11i2.2258
14. Ruswadi, I. (2021). Keperawatan jiwa (1st ed.). CV. Adanu abimanta. https://www.google.co.id/books/edition/Konsep_Dasar_Komunikasi_Terapeutik_Manaj/tQfHEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1
15. Siti Fathia, A., Martina, & Marthoenis. (2021). The Level Of Anxiety And Coping Mechanisms Among Nursing Students During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 86–95.
16. Stuart, G. . (2015). Principles anda practice of psychiatric nursing (7th ed.). Mosby A Harcourt Health Sciences Company: USA.
17. Sugiharno, R. T., Susanto, W. H. A., Ardiansa, A., Wospakrik, F., & Ester, E. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Praktik Klinik Keperawatan. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(1), 717–724. https://doi.org/10.31539/jks.v6i1.4698
18. Sumoked, A., Wowiling, F., & Rompas, S. (2019). Hubungan mekanisme koping dengan kecemasan pada mahasiswa semester iii program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran yang akan mengikuti praktek klinik keperawatan. Jurnal Keperawatan, 7(1).
19. Sutejo. (2019). Keperawatan Jiwa (1st ed.). Pustaka baru press.
20. Syahirah, D., & Permatasari, I. (2023). Terapi Bermain Origami untuk Mengatasi Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Prasekolah (1st ed.). CV. Mitra Cendekia Media. https://www.google.co.id/books/edition/Terapi_Bermain_Origami_untuk_Mengatasi_K/ydHREAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
21. Waromah, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah statistika dengan pendekatan humanistik dan kecemasan belajar (Miskadi & M. Hidayat (eds.); 1st ed.). Pusat pengembangan pendidikan dan penelitian indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Kemampuan_Pemecahan_Masalah_Statistika_d/bPukEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kecemasan+pada+mahasiswa&pg=PA2&printsec=frontcover
22. Wenny, B. (2022). Kecemasan dan adverse childhood preriences (ACEs) (1st ed.). CV. Adanu abimanta. https://www.google.co.id/books/edition/KECEMASAN_DAN_ADVERSE_CHILDHOOD_EXPERIEN/BQOlEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1
23. Yuliani, E. (2021). Kebutuhan dasar manusia (E. Widyawati (ed.); 1st ed.). CV. Rena Cipta Mandiri. https://www.google.co.id/books/edition/Kebutuhan_Dasar_Manusia_Buku_Ajar/EF19EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Published
2024-10-29
How to Cite
PADAUNAN, Ellen. MEKANISME KOPING DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA PROFESI NERS FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS KLABAT. Klabat Journal of Nursing, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 130-136, oct. 2024. ISSN 2685-7154. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjn/article/view/1194>. Date accessed: 26 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.37771/kjn.v6i2.1194.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.