REJUVENATION OF MSME ORGANIZATION WORKFORCE IN MAXIMIZING DIGITAL MARKETING OPERATIONS

  • Muhamad Fahrezi Universitas Komputer Indonesia
  • Arjuna Rizaldi Universitas Komputer Indonesia

Abstract

The rapid growth of information and communication technology in the era of the industrial revolution 4.0 has resulted in many changes in the business sector, one of which is in the field of marketing. However, there are still many MSMEs who have not been able to promote their products digitally, their marketing is still narrow which makes them less competitive than their competitors. The purpose of this research is to explore how to maximize digital marketing. The research method used is qualitative research with the acquisition of secondary data from the results of literature studies obtained from various sources, namely scientific journals, books, and websites. The results of the study found that unqualified human resources hindered MSME actors in utilizing technological growth, the impact on company operations in obtaining maximum profits could not be realized. Rejuvenation of business organizations is one way to solve the problems of MSMEs in operating digital marketing and the problem of youth unemployment in Indonesia.


Keywords: Digital Marketing, Human Resources, MSME, Technology Growth, Unemployment


Pesatnya pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi di era revolusi industri 4.0 mengakibatkan banyaknya perubahan dalam bidang bisnis, salah satunya pada bidang pemasaran. Namun, masih banyak pelaku UMKM yang belum dapat mempromosikan produknya secara digital, pemasaran yang dilakukan masih bersifat sempit yang membuat mereka kalah saing dengan kompetitor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali cara memaksimalan digital marketing. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan perolehan data sekunder dari hasil studi pustaka yang diperoleh dari berbagai sumber yaitu Jurnal ilmiah, Buku, dan website. Hasil penelitian didapat bahwa SDM yang tidak berkualitas menghambat pelaku UMKM dalam pemanfaatan pertumbuhan teknologi, dampaknya pengoprasian perusahaan dalam mendapatkan laba maksimal tidak dapat direalisasikan. Peremajaan organisasi usaha merupakan salah satu cara yang dapat menyelesaikan permasalahan pelaku UMKM dalam pengoprasian digital marketing dan permasalahan pengangguran usia muda di Indonesia.


Kata kunci: Digital Marketing, Pengangguran, Pertumbuhan Teknologi, Sumber Daya Manusia, UMKM.

References

Ali Mahmudan. (2022). Tingkat Pengangguran Lulusan SMK Tertinggi pada Februari. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/tingkat-pengangguran-lulusan-smk-tertinggi-pada-feb-ruari-2022

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Dalam ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512

Badan Pusat Statistik. (2022). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan (Orang), 2021-2022. Badan Pusat Statistik. Diambil 9 Desember 2022, dari https://www.bps.go.id/indicator/6/674/1/-pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan.html

Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering. 8(10), 321-339

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Jamiat Nuslih, Supyansuri Cahyadi. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. ATRABIS : Jurnal Administrasi. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i1.406

Jannatin, R., Wardhana2, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @Kpopconnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39–50.

Kurniawan, A., Rahayu, A & Wibowo L. A. (2021). Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Kinerja Bank Pembangunan Daerah Di Indonesia, Jurnal Ilmu Keuangan dan Perbankan (JIKA), https://doi.org/10.34010/jika.v10i2.4426

M. Hardi. (2022). Pengertian Angkatan Kerja: Jenis dan Angka Angkatan Kerja 2022. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/angkatan-kerja/

Nur, A.G., & Rizaldi, A., (2021). Pengaruh Pemberdayaan Karyawan, Kecerdasan Emosional, dan Kepuasan Kerja Karyawan terhadap Komitmen Organisasional pada Plan A di Perusahaan Industri Suku Cadang dan Aksesoris Kendaraan Bermotor Kota Cimahi, JEMBA : Journal Of Economics, Management, Business, And Accounting, https://doi.org/10.34010/jemba.v1i2.5985

OCBC NISP. (2022). Pengangguran Adalah: Penyebab, Dampak, Jenis, Cara Mengatasi. OCBC NISP. https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/11/16/pengangguran-adalah
Pemerintah Indonesia. (1987). Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987. Sekretariat negara.

Pratomo, D. S. (2017). Fenomena Pengangguran Terdidik Di Indonesia. JP : Journal & Proceeding, 7(1), 642-648

Rizaldi Arjuna. (2022). The Family Principle In Economy: Understanding The Concept And Practical Challenge, Journal Of Easteren European And Central Asian Research. https://doi.org/10.15549/jeecar.v9i1.876

Salmaa. (2021). Penelitian Deskriptif: Pengertian, Kriteria, Metode, dan Contoh. Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/penelitian-deskriptif/

Setyo, M. A., Fitriani, S. (2022). Faktor Lingkungan Internal Penghambat Utilasi E-Commerce Pada UMKM (Studi Kasus pada UMKM Kerajinan di Kabupaten Bantul) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Komputer Indonesia Bandung. Dalam JURISMA: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 12(2), https://doi.org/10.34010/jurisma.v12i2.4189

Soleh, A. (2017). Masalah Ketenagakerjaan Dan Pengangguran Di Indonesia, Jurnal Cano Ekonomos. 6(2), 83-92

Triono, S. P. H., & Yudanegara, A. (2019). Analisis Teknologi, Organisasional Dan Lingkungan Terhadap Adopsi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada UMKM Di Kota Bandung. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. https://doi.org/10.34010/jurisma.v9i1.1456

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0 (Vol. 3). Jurnal Ilmian Pariwisata Agama Dan Budaya. https://doi.org/10.25078/pariwisata.v3i2.86
Published
2023-02-28
How to Cite
FAHREZI, Muhamad; RIZALDI, Arjuna. REJUVENATION OF MSME ORGANIZATION WORKFORCE IN MAXIMIZING DIGITAL MARKETING OPERATIONS. Klabat Journal of Management, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-8, feb. 2023. ISSN 2722-726X. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjm/article/view/892>. Date accessed: 19 july 2024. doi: https://doi.org/10.60090/kjm.v4i1.892.1-8.