PERTIMBANGAN MILENIAL DALAM MEMBELI BRAND KOSMETIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian millenial dalam membeli brand kosmetik. Sampel pada penelitian ini sebanyak 104 responden dengan menggunakan metode Accidental Sample. Data dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden yaitu para perempuan millenial yang terbesar di seluruh Indonesia berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Kemudian melalui data sekunder yang diperoleh dari bacaan seperti jurnal, buku, hasil penelitian, dan lain sebagainya. Dari hasil wawancara kami mendapatkan 10 variabel yang akan diteliti lebih lanjut yaitu Kualitas, Harga, Kemasan, Kecocokan, Komposisi, Merek Lokal, Review, BPOM, Rating, dan Toko (place). Analisis data dari penelitian ini menggunakan Teknik Faktor Analisis. Dari Hasil penelitian 10 variabel tersebut yang telah terekstraksi terdapat 4 faktor yang terbentuk yang mempengaruhi keputusan pembelian millenial dalam membeli Brand Kosmetik. Faktor-faktor tersebut adalah Faktor Kepercayaan, Faktor Eksternal, Faktor Acuan, dan Faktor Internal. Berikut merupakan variabel-variabelnya: Faktor Kepercayaan terdiri dari kecocokan, komposisi, review, BPOM dan rating. Kedua Faktor Eksternal terdiri dari komposisi, kemasan, toko. Yang ketiga Faktor Acuan yang terdiri dari review dan toko. Dan yang keempat yaitu Faktor Internal yang terdiri dari harga dan Kualitas. Dari semua 4 faktor tersebut faktor utama yang paling mempengaruhi pertimbangan millenial dalam membeli kosmetik adalah Faktor Kepercayaan.
Kata kunci: Brand, Kosmetik, Membeli, Milenial
References
Al Walidah, I. (2017). Tabayyun di era generasi millenial. Jurnal Living Hadis, 2(2), -344. Retrieved from http://202.0.92.5/ushuluddin/Living/article/vie
Ayu Ariastuti, N., & Antara, M. (2012). Faktor-faktor yang menentukan loyalitas pelanggan Terhadap merek the botol sosro di kota Denpasar. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. Retrieved From https://ojs.unud.ac.id/index.php/soca/article/view/4154
Anggraini, E. I., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2019). Pengaruh kualitas produk dan harga Terhadap keputusan pembelian (Survei pada pembeli yang juga menggunakan kosmetik wardah di counter wardah matahari department store Malang town Square). Journal Administrasi Bisnis, 73(1), 118-124.
BeautyJournal. (2018). Bagaimana millenials memilih kosmetik. 5 kebiasaan kecantikan yang banyak dilakukan oleh millenials. from https://journal.sociolla.com/beauty/kebiasaan-kecantikan-millennial/
Cahyo, D. (2017). Kebiasaan-kebiasaan berbelanja generasi millenial. Dewina Journal.
Cerdasco. (2019). Brand dan keputusan pembelian konsumen. Mengapa Merek Penting Bagi Konsumen.from https://cerdasco.com/mengapa-merek-penting-bagi-konsumen/
Chaney, D. (1996). Lifestyles : Sebuah pengantar komprehensif. from https://www.goodreads.com/book/show/12176781-lifestyles
Cooper, D. R., Schindler, P. S., & Sun, J. (2006). Business research methods.1-744. New York: Mcgraw-hill..from https://scholar.google.co.id/scholar?q=Cooper,+D.+R.+(2011).+Business+research+methods.+New+York:+Mcgraw+Hill/Irwin.&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart
Delloite indonesia. (2019). Generasi millenial dalam industri 4.0: Berkah bagi sumber daya manusiai indonesia atau ancaman?
Retrieved from https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/about-deloitte/id-about-dip-edition-1-chapter-2-id-sep2019.pdf
Desiana, A. (2015). pengaruh kesadaran merek, kersepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian pada konsumen tas sophi Martin Di Bc Yulis Mawaddaty Pare. Jurnal: Universitas Nusantara PGRI Kediri. Doellah, S. (2002). Batik, Pengaruh Zaman dan Lingkungan. Solo: Danar.
Faiza, A., & Firda, S. (2018). Arus metamorfosa millenial. Kendal: Penerbit Earnest.from https://www.google.co.id/books/edition/ARUS_METAMORFOSA_MILENIAL/1lZZDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=inauthor:%22Arum+Faiza,Sabila+J+Firda,+dkk%22&printsec=frontcover
Fatmawati, E. (2010). Pergeseran paradigma perpustakaan generasi millenial. Journal Visi Pustaka.Retrieved from http://digilib.undip.ac.id/v2/2012/06/05/pergeseran-paradigma-perpustakaan-generasi-millennial/
Fitriah, N. (2019). Pengaruh kemasan produk terhadap brand image dan brand preference terhadap produk etude house (Doctoral dissertation, STIE MAHARDHIKA SURABYA). Retrieved from https://repository.mahardhika-library.id/1237/
Gary. (2020). Perilaku millenials dalam membeli kosmetik. Perilaku Millenials dalam Belanja Ritel. from https://bbs.binus.ac.id/gbm/2020/06/05/perilaku-milenial-dalam-belanja-ritel/
Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Hidayat, A. (2014, maret 30). Penjelasan Analisis Faktor – PCA dan CFA.
Hanifah, W. J. (2015). Hubungan pengetahuan komposisi bahan kosmetika dengan perlaku keputusan membeli kosmetika. JTR-Jurnal Tata Rias, 4(1), 44-50. Retrieved from ://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtr/article/view/2023
Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi Go-food. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 6(2), 240-249.
Huda, N. N., Mulyana, T., & Cupiadi, H. Analisis faktor-faktor yang mendorong keputusan pembelian pada kosmetik secara online.
Hasan, A., Utama, G. P., Kotler, P., & Gramedia, K. Ghozali, Imam. 2007. aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS., Badan Penerbit Diponegoro, Semarang,
Kasiram, M. (2010). Metodologi penelitian: Kualitatif–kuantitatif.Kotler, & Amstrong. (2012). Principles Of Marketing.
Lalo, K. (2018). Menciptakan generasi millenial berkarakter dengan pendidikan karakter guna menyongsong era globalisai. Ilmu Kepolisian.
Lamb Jr, H. J. (2001). Pemasaran. Jakarta: David Octaveria.
Landa, R. (2005). Designing brand experience: Creating powerful integrated brand solutions. Cengage Learning.Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan.
Lee, E.-J. & Shin, S.Y. (2014). When do consumers buy online product reviews? Effect of review quality, product type, and reviewer’s photo. Computers in Human Behavior, 31, 356–366.
Millah, S. (2019). Penyebab kosmetik lokal digemari wanita Indonesia. Ini Penyebab Kosmetik Indonesia mulai Bersinar.from https://lifestyle.bisnis.com/read/20190812/104/1135606/ini-penyebab-kosmetik-indonesia-mulai-bersinar
Morrisan, M. A. (2015). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Kencana.Muhammad, A. (2019). Bagaimana standar kecantikan di Indonesia? Retrieved fom Quora.
Mulyadi,M.(2011).Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal studi komunikasi dan media, 15(1), 128-137.Portal Statistik. (2015, oktober 14). pnjelasan Tentang Analisis Faktor dan Principal Component Analysis (PCA).
Prasetyanti, R. (2017). Generasi millennial dan inovasi jejaring demokrasi teman ahok. Jurnal Kajian Politik dan Hubungan Internasional, 3(1). Saryono, A. (2010). Metodologi Penelitian Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Putri, A. (2017). Perkembangan penggunaan produk kosmetik di Indonesia. Jurnal dan Bisnis, 21(2), 59-64. Retrived From publication.petra.ac.id/index.php/ilmu komunikasi/article/view/1787
Pratama, F., & Suwarto, S. (2021). Pengaruh labelisasi halal, label BPOM dan religiusitas terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEB Universitas Muhammadiah Metro. Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 1(3), 505-520. Retrieved from www.scholar.ummetro.ac.id/index.php/diversifikasi/article/view/677
Rachma, S., & DS, A. H. (2018). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik sariayu martha tilaar di konter martha tilaar pasar swalayan ada semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(4), 201-211.
Schiffman, L. d. (2014). Perilaku konsumen. Jakarta. from http://e-journal.uajy.ac.id/1251/3/2MM01558.pdf
Sembiring, N. T. (2020). Gaya hidup generasi millenial . Repositori Institusi USU. from http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/27681
Shaputra, R. K. (2013). Penerapan green marketing pada bisnis produk kosmetik. Jurnal Jibeka, 7(3), 47-53.
Sugiyono, D. (2008). Metode penelitian bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas. https://scholar.google.com/scholar?cluster=18047269118789343056&hl=en&as_sdt=2005&sciodt=0,5#d=gs_cit&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AUNdQH6XHdPoJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D0%26scfhb%3D1%26hl%3Den
Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung. https://scholar.google.com/scholar?cluster=13551859756548880980&hl=en&as_sdt=2005#d=gs_cit&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AVPoB06XgEbwJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D0%26scfhb%3D1%26hl%3Den
Sujarweni, W. (2015). SPSS untuk Penelitian. https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=7251531788801863009&hl=id&as_sdt=2005#d=gs_cit&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AYe383L2domQJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D0%26scfhb%3D1%26hl%3Did
Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh bauran promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik maybelline di kota Padang.
Syah, M. A., & Indriani, F. (2021). Analisis pengaruh online customer review terhadap minat beli konsumen produk kosmetika. (Studi Kasus pada Pengguna Femaledaily Indonesia). Diponegoro Journal of Management, 9(3). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/30339
Tempo.Co, Jakarta. (2018). Bagaimana millenials memilih kosmetik. Ini yang dicari wanita millenial saat membeli produk kecantikan. from https://cantik.tempo.co/read/1119166/ini-yang-dicari-wanita-millenial-saat-membeli-produk-kecantikan
Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi Pemasaran (Ed. I). Yogyakarta: Andi. from ://repo.unikadelasalle.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13061
Tranggono. (1992). Kiat apik menjadi sehat dan cantik: petunjuk praktis perawatan dan penggunaan kosmetika bagi remaja . Jakarta: Gramedia.
Utami, N. W. (2020). Jurnal Entreprenuer. Retrieved from Jurnal.Id.
Worotitjan, H. G. (2014). Konstruksi kecantikan dalam iklan kosmetik wardah. Jurnal 2(2). Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu article/view/1787
Widiasih, Puti. (2017). Memprediksi kreativitas generasi millenial di tempat kerja. 61-68. 10.22236/JIPP-36.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.