PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI CARREFOUR TRANSMART KAWANUA

  • Ronny H Walean Universitas Klabat
  • Hotmauli Harianja Universitas Klabat
  • Evelyn Natalie Karwur Universitas Klabat

Abstract

Pada saat ini dunia bisnis semakin bersaing, termasuk industri ritel. Dalam bisnis, bauran pemasaran digunakan untuk menetapkan strategi dalam usaha. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) Persepsi konsumen tentang bauran pemasaran 7P, (2) Persepsi konsumen tentang minat beli, (3) Pengaruh bauran pemasaran 7P terhadap minat beli konsumen serta (4) Bauran pemasaran yang paling mempengaruhi minat beli. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kausal. Sampel penelitian adalah konsumen Carrefour Transmart Kawanua yang berjumlah 104 orang. Sampel dalam penelitian ini digunakan teknik non-random sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dan analisa pengaruh antar variabel menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara bauran pemasaran dan minat beli konsumen. Dapat disimpulkan bahwa variabel harga, promosi, proses, dan bukti fisik paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen.


Kata Kunci: marketing mix, buyer intention, retail

References

Adiasari, T., & Lastariwati, B. (2018). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk Makanan Siswa Entrepreneurship di SMKN 4 Surakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Boga Tahun 2018, 2.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). London: Pearson Education.

Dama, D. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minant Beli Konsumen dalam Memilih Laptop Acer di Toko Lestari Komputer Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisien, 505.

Darudiato, S., Puji, Y. D., Angelina, D., & Margaretha, D. (2006). Analisis dan Perancangan Sistem Aplikasi Customer Relationship Management Berbasiskan Web (Studi Kasus: PT. Fajar Buana Internasional). Jurnal Sistem Informasi, 61-66.

Duari, I. H. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Membeli Tiket Pesawat di Total Nusa Indonesia Tour and Trael Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, 39.

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 34.

Fitri, A. (2019, Juni 26). Trans Retail akan ekspansi ke Indonesia Timur pada kuartal III tahun ini. Retrieved from kontan.co.id: https://industri.kontan.co.id/news/trans-retail-akan-ekspansi-ke-indonesia-timur-pada-kuartal-iii-tahun-ini

Gartenstein, D. (2018, April 20). Why Is Strategic Planning Important to an Organization? Retrieved from azcentral: https://yourbusiness.azcentral.com/strategic-planning-important-organization-4103.html

Halim, R. E. (2010). Analisis Pengaruh Keseluruhan Citra Terhadap Ketertarikan Mengunjungi Ritel Moderen Berdasarkan Persepsi Konsumen. Jurnal Manajemen, 16-30.

Hariyanto, D. (2009, April). Memenangkan Persaingan Bisnis Produk Farmasi Melalui Marketing Public Relations. Jurnal Manajemen Pemasaran, 4, 38-44.

Haryanto, J. O., & Sulistyorini, R. (2010). Analisa Pengaruh Pesan Iklan, Model Iklan, dan Cerita Iklan Terhadap Persepsi Pelanggan. Jurnal Manajemen, 35.

Hidayat, A. (2017, Juni 4). Penjelasan Berbagai Jenis Regresi Berganda. Retrieved from Statistikian: https://www.statistikian.com/2017/06/berbagai-jenis-regresi-berganda.html

Hidayat, K. S. (2018, Desember 24). Evolusi Strategi Pemasaran Tradisional Menuju Metode Modern. Retrieved from A Jurnal : https://www.jurnal.id/id/blog/mengenali-media-yang-digunakan-dalam-strategi-pemasaran-tradisional/

Indonesia, P. R. (2007). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112. Indonesia.

Indriyati, I. N., Daryanto, A., & Oktaviani, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P terhadap Persepsi Konsumen Pt Home Credit Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 263.

Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Sulawesi Utara. (2016, November 22). Retrieved from Bank Indonesia: https://www.bi.go.id/id/publikasi/kajian-ekonomi-regional/sulut/Pages/Kajian-Ekonomi-dan-Keuangan-Regional-Provinsi-Sulawesi-Utara-November-2016.aspx

Kanal Informasi. (2016, oktober 19). Pengertian Data PRimer dan Data Sekunder. Retrieved from Kanal Informasi: https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-data-primer-dan-data-sekunder

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Penerbit Prentice Hall.

Kusuma, H. (2017, January 29). Indonesia Timur Kini Ibarat 'Gadis Cantik' Bagi Pengusaha Ritel. Retrieved from detikFinance: https://finance.detik.com/industri/d-3408401/indonesia-timur-kini-ibarat-gadis-cantik-bagi-pengusaha-ritel

Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2006). Marketing (8 ed.). United States of America: Thomson South-Western.

Levy, M., & Weitz, B. A. (2007). Retailing Management. New York: McGraw-Hill.

Lin, S.-M. (2011). marketing mix (7P) and Performance assessment of western fast food industry in Taiwan : an Application by associating DEMATEL and ANP. African Journal of Business Management, 10635.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manjemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Lutfi, S., & Irwanto, J. (2017). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi, dan Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian pada Pasar Umum Pasirian Lumajang. Jurnal Ilmiah Manajemen Advantage, 42.

ManadoPost Online. (2019, July 23). Siap Gulung Tikar, Giant Kairagi Umbar Diskon. Retrieved from ManadoPost Online: https://manadopostonline.com/read/2019/07/23/Siap-Gulung-Tikar-Giant-Kairagi-Umbar-Diskon/59696

Marketeers Editor. (2013, Juni 27). Lima Elemen Service Quality. Retrieved from Marketeers: https://marketeers.com/lima-elemen-service-quality/

Meldarianda, R., & Lisan, H. (2010). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat BEli Konsumen Pada Resort Cafe Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 102.

Mustika, F. A., Darmawan, A., & Sutrisno. (2018). Metode Electre pada Bauran Pemasaran (7P) dalam Memulai Usaha Jasa. Jurnal Simetris, 23.

Pandin, M. L. (2009). Potret Bisnis Ritel di Indonesia : Pasar Modern. Economic Review, 9.

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 145.

Radix, Suktjo, H., & Sumanto. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 219.

Ramadhanti, A. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Giant Supermarket Mall Mesra Indah di Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis, 272.

Rinaldi, U. (2009). Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) terhadap Keputusan Berbelanja di Swalayan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 710.

Rinaldi, U. (2009). Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) terhadap Keputusan Berbelanja di Swalayan. Jurnal aplikasi Manajemen, 708.

Riyono. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang, 103.

Rizky, M. F., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 139.

Saputri, M. E. (2016). Pengaruh PErilaku Konsumen terhadap Pembelian Online Produk Fashion pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 293.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, promosi, dan Kualitas Produk tehadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36. Journal manajemen dan Start-Up Bisnis, 48.

setiawan, W., & sugiharto, s. (2014). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza tipe G di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1.

Stanton, W. J., Etzel, M. J., & Walker, B. J. (1991). Fundamental of Marketing. McGrawHill.

Stephanie, E., Rumambi, L. J., & Kunto, Y. S. (2013). Analisis Pengaruh Rio Dewanto dan Donita Sebagai Celebrity Endorser Terhadap MInat Beli Produk Axe Anarchy Dengan Data Tarik Iklan dan Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manjeman Pemasaran, 4.

Sukotjo, H., & Radix, S. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klink Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 223.

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media PEmasaran Produk dan Potnsi Indonesia dalam Upaya Mndukung ASEAN community 2015. Jurnal Komunikasi, 125.

Thidi. (2018, Februari 12). Pengertian Pemasaran dan Bauran (marketing mix) dalam bisnis. Retrieved from Thidi Web: https://thidiweb.com/bauran-pemasaran/

Topan, D. (2017, Januari 2017). Family Grocery vs Convenience Store : Struggling The Shopper's Needs. Retrieved from kompasiana: https://www.kompasiana.com/diantopan/5879b95f2bb0bdff0ebe15ba/family-grocery-vs-convenience-store-struggling-the-shoppers-needs?page=all

Umar, H. (2010). Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Pers.

Utomo, T. J. (2010). Lingkungan Bisnis dan Persaingan Bisnis Ritel. Fokus Ekonomi, 71.

Widyawati, N. (2008). Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Serta Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Zakiah Medan. Ekuitas, 82.

Yola, M., & Budianto, D. (2013). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 301-309.
Published
2020-09-30
How to Cite
WALEAN, Ronny H; HARIANJA, Hotmauli; KARWUR, Evelyn Natalie. PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI CARREFOUR TRANSMART KAWANUA. Klabat Journal of Management, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 20-40, sep. 2020. ISSN 2722-726X. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjm/article/view/512>. Date accessed: 11 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.31154/kjm.v1i2.512.20-40.