Pendidikan Agama Kristen di Indonesia: Regulasi dan Praktiknya
Abstract
Review literatur ini dilakukan untuk mendeskripsikan landasan yuridis dalam bentuk regulasi implementasi Pendidikan Agama Kristen dan praktiknya di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memetakan perundang-undangan dan peraturan yang mengatur tentang implementasi Pendidikan Agama Kristen dalam pendidikan di Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman yang cukup bagi para guru Agama Kristen di sekolah dan para penyelenggara Pendidikan Keagamaan Kristen mengenai regulasi Pendidikan Agama Kristen serta peran mereka dalam praktik. Hasil kajian literatur mengungkapkan bahwa Pendidikan Agama Kristen memiliki peran yang sangat penting di masyarakat dalam membangun karakter generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, ditemukan bahwa sudah ada regulasi yang cukup mengenai implementasi Pendidikan Agama Kristen dan Pendidikan Keagamaan Kristen di tingkat satuan pendidikan. Oleh sebab itu, dalam implementasi keduanya di tingkat satuan pendidikan, guru Agama Kristen dan penyelenggara Pendidikan Keagamaan Kristen wajib mendasari praktik manajemen mereka kepada regulasi yang sudah ada.
References
Fallo, Y. E. (2022). Modul ajar pendidikan agama Kristen dan budi pekerti kelas 1 UPTD SD Negeri Bokeama. Guru Berbagi. https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/639775-1673197293.pdf
Kawangung, Y., Rinukti, N., & Marbun, A. E. (2019). Kajian terhadap standarisasi pendidikan agama Kristen. Jurnal Teruna Bhakti, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.47131/jtb.v2i1.25
Lalelorang, F. (2022). Modul ajar pendidikan agama Kristen Kelas VII SMP Negeri 2 Siau Timur. https://fliphtml5.com/qsdik/tfnz/basic
Lumbantobing, L. (2017). Peranan guru pendidikan agama Kristen sebagai pendidik moral siswa. Jurnal Christian Humaniora, 1(1), 140-155. https://doi.org/10.46965/jch.v1i1.36
Menteri Agama. (2012). Peraturan Menteri Agama RI Nomor 7, Tahun 2012, tentang Pendidikan Keagamaan Kristen.
Menteri Agama. (2016). Peraturan Menteri Agama RI Nomor 27, Tahun 2016, tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agama Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Keagamaan Kristen.
Presiden. (2003). Peraturan Pemerintah RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Presiden. (2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 14, Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.
Presiden. (2007). Peraturan Pemerintah RI Nomor 55, Tahun 2007, tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.
Presiden. (2022). Peraturan Pemerintah RI Nomor 4, Tahun 2022, tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Noti, F. B., & Darmawan, I. P. A. (2016). Identitas Kristen dan peran pendidikan agama Kristen di tengah kemajemukan. 2016, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Sagala, L. D. J. F. (2016). Peran pendidikan Kristen dalam menghadapi perubahan sosial. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 47-54. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/Js/article/view/4
Sari, P. I. W. (2022). Modul pembelajaran pendidikan agama Kristen dan budi pekerti Kelas X Semester 1 Tahun 2022 SMAN 23 Batam. https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/582753-1673345647.pdf
Singgih, N. (2022). Contoh jadwal pelajaran kurikulum merdeka jenjang SD. https://www.tasadmin.id/2022/07/jadwal-pelajaran-kurikulum-merdeka-sd.html
Telaumbanua, A. (2018). Peranan guru pendidikan agama Kristen dalam membentuk karakter siswa. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 1(2), 219-231. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9