Karakteristik Butir Tes Virtual untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Mahasiswa
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini ialah kebutuhan adanya tes berkualitas baik yang dapat digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran mahasiswa di akhir semester. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan sebuah tes atau ujian akhir semester di Mata Kuliah Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan di sebuah universitas swasta. Tes tersebut dikembangkan melalui beberapa tahapan pengembangan mulai dari penentuan spesifikasi tes hingga analisis butir soal. Setelah penulisan butir soal dilakukan, tes ini kemudian diujicobakan kepada 75 orang mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah yang bersangkutan. Hasil analisis menemukan bahwa semua butir soal memenuhi syarat untuk tingkat kesulitan butir soal. Namun dalam aspek daya pembeda butir, sebanyak 10 butir soal memerlukan revisi karena belum memenuhi syarat daya pembeda yang cukup. Temuan akhir menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 27 butir soal yang telah memenuhi syarat karakteristik butir soal yang berkualitas.
The background of this research was the need for a good-quality test that could be used to measure student learning outcomes at the end of the semester. The purpose of this study was to develop a test or end-of-semester exam in the Educational Measurement and Evaluation Course at a private university. The test was developed through several stages of development ranging from determining the test specifications to analyzing the question items. After writing the question items, this test was then tested on 75 students who were taking the course concerned. The results of the analysis found that all question items met the requirements for acceptable difficulty levels. However, in the aspect of item discrimination power, as many as 10 questions require revision because they do not meet the requirements for sufficient acceptable discrimination power levels. The final findings show that there are as many as 27 question items that have met the requirements of quality question items.
References
Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan validitas (ed. 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2016). Tes Prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar (ed. 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS menggunakan aplikasi “Quizizz.” Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105-124.
Hopkins, K. D. (1998). Educational and psychological measurement and evaluation (ed. 8). Boston: Allyn & Bacon.
Johnson, R. B., & Christensen, L. (2014). Educational research: Quantitative, qualitative, and mixed approaches (ed. 5). Singapore: SAGE Publications.
Lord, F. M. (1952). The relation of the reliability of multiple-choice tests to the distribution of item difficulties. Psychometrika, 17, 181-194.
Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
Masae, A. (2019). Pengembangan tes membaca Bahasa Indonesia berbasis web bagi
mahasiswa Thailand di Universitas Negeri Yogyakarta. LingTera, 6(1), 91-99.
Pancoro, N. H. (2011). Karakteristik butir soal ulangan kenaikan kelas sebagai persiapan bank soal bahasa Inggris. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 15(1), 92-114.
Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrument penelitian: Panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian. Yogyakarta, Indonesia: Parama Publishing.
Reynolds, C. R., Livingston, R. B., & Willson, V. (2009). Measurement and assessment in education (ed. 2). New Jersey: Pearson Education.
Santoso, A. (2018). Karakteristik butir tes pengantar statistika sosial berdasarkan teori respon butir. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(2), 158-168.
Siwi, E. J., Anindyarini, R., & Nahar, S. (2020). Item parameters of Yureka Education Center (YEC) English Proficiency Online Test (EPOT) instrument. REiD (Research and Evaluation in Education), 6(1), 51-65.
Zulaiha, R. (2008). Bagaimana menganalisis soal dengan program ITEMAN. Jakarta: PUSPENDIK.