Pendampingan Anak Tunanetra SLB PGRI Kamal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendampingan dan pembelajaran anak tunanetra di SLB PGRI Kamal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan paradigma yang digunakan adalah paradigma Definisi Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di SLB PGRI Kamal dilakukan dengan pendekatan khusus sesuai dengan kebutuhan anak tunanetra. Guru menggunakan metode pembelajaran ceramah dan media pembelajaran konkret, serta melibatkan penggunaan indera lain sebagai pengganti penglihatan. Kendati demikian, terdapat beberapa hambatan dalam pendidikan anak tunanetra, seperti kurangnya alat penunjang dan media pembelajaran yang lengkap, serta kurangnya dukungan orang tua dalam mendampingi anak saat mengerjakan tugas rumah. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pendampingan dan pembelajaran anak tunanetra di SLB PGRI Kamal, dengan harapan dapat menjadi dasar bagi pengembangan program pendampingan yang lebih efektif dan mendukung, serta membantu anak-anak tunanetra mencapai prestasi akademik yang sesuai, mengembangkan potensi mereka, dan memiliki kemandirian yang cukup dalam kehidupan sehari-hari.
References
Dewi, N. K. (2017). Manfaat program pendidikan inklusif untuk aud. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12-19.
Ilahi, M. T. (2013). Pendidikan inklusif: Konsep dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Iswari, M. (2007). Pendidikan kecakapan hidup bagi anak berkebutuhan khusus. Working Paper. FIP UNP, Padang.
Rahmawati, H. K. (2018). Kegiatan pengembangan diri dalam menggali potensi anak tunanetra di Panti Tunanetra Aisyiyah Ponorogo. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 98-116.
Sa, H. Y., Asmirah., & Burchanuddin, A. (2021). Pendampingan anak tuna netra SLB-A Yapti Kota Makassar. Jurnal Sosiologi Kontemporer, 1(2), 63-66.
Somantri, T. S. (2006). Psikologi anak luar biasa. Bandung: Refika Aditama.
Sudjana N., & Ibrahim. (2009). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Wagiyo, M. S., Oetojo, B., Wahyono, E., & Zubaidah, I. (2014). Teori sosiologi modern. Banten: Universitas Terbuka—Kemendikbud.