Peran Orang Tua dan Prestasi Belajar Agama Siswa SMA

  • Elizabeth Meiske Maythy Lasut Universitas Klabat
  • Afmitha Suuda

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dengan prestasi belajar siswa SMA. Secara spesifik, penelitian ini menggambarkan seberapa tinggi tingkat peran orang tua dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Agama Kristen dan korelasi atau hubungan antara keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penggunaan analisis statistika deskriptif dan korelasional. Penelitian ini dilakukan di sebuah SMA yang terletak di Kelurahan Airmadidi Bawah, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Populasi yang diteliti ialah siswa kelas 12 IPA dengan jumlah responden sebanyak 56 siswa yang berpartisipasi dalam pengambilan data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah sebuah kuesioner yang diisi oleh responden secara luring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa tergolong tinggi. Selain itu, ditemukan bahwa tingkat prestasi belajar agama siswa termasuk pada kategori cukup. Yang terakhir, terdapat korelasi positif yang signifikan antara peran orang tua dan prestasi belajar anak mereka.


 


Kata kunci—peran orang tua, prestasi belajar siswa, mata pelajaran Agama Kristen


 


 


Abstract


              The purpose of this study was to determine the relationship between the role of parents and the learning achievement of high school students. Specifically, this study describes how high the level of parental role and student learning achievement in Christian subjects is and the correlation or relationship between the two variables. This research used a quantitative approach with the use of descriptive and correlational statistical analysis. This research was conducted at a high school located in Airmadidi Bawah Village, Airmadidi District, North Minahasa Regency, North Sulawesi. The population studied was 12th grade science students with a total of 56 respondents who participated in data collection.  The instrument used in this study was a questionnaire filled out by respondents offline.  The results showed that the role of parents in improving student learning achievement was high.  In addition, it was found that the student's religious learning achievement level fell into the category of sufficient.  Finally, there is a significant positive correlation between the role of parents and their children's learning achievement.


             


Keywords—role of parents, students’ academic achievement, Christian religion subject


 

References

Ajarsari, R. O., Nuraina, E., & Langgeng, A. (2013). Pengaruh tingkat pendidikan, penghasilan dan keterlibatan orang tua terdapat prestasi belajar siswa di SMKN Medium tahun ajaran 2012/2013. The 2nd Forum Ilmiah Pendidikan Akutansi. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/FIPA/article/view/239/221

Akollo, J.G., & Toisuta, M. E. (2020). Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak usia dini selama belajar dari rumah dimasa pandemic covid-19. Institution: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 63-74. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/IT/article/view/236/138

Aquami, A. (2018). Hubungan kompetensi guru dan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa di MIN Se-Kota Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 4 (1), 1-12. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2211

Bangun, D. (2008). Hubungan persepsi siswa tentang perhatian orang tua, kelengkapan fasilitas belajar, dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar. Jurnal ekonomi dan pendidikan, 5(1), 74-94. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article.view/604/461

Boiliu, F. M (2021). Peran orang tua sebagai motivator terhadap motivasi belajar siswa pada pendidikan agama kristen. Jurnal studi guru dan pembelajaran, 4 (1), 247-255. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/464

Dalyono, M. (2012). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitroturrohmah, M. Purwadi, P, & Azizah, M. (2019). Hubungan peran orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi SDN Kedung 01 Jepara. Jurnal of Primary and Children’s Education, 2(2), 25-30. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/17629/10576

Hero, H. & Sni, M. E. (2021). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Inpres Iligentang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(2), 129-139. http://journal.unismuh.ac.id/index.phd/jrpd

Imelda & Tulak, T. (2021). Peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 64-70. http://www.journals.ukitoraja.ac.id/index.php/ej/article/view/1265

Iriani, D. (2014). 101 kesalahan dalam mendidik anak. Jakarta: Media Komputindo.

Jamil, I. M. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 1(1), 1-17. http://jurnal.stkipan-nur.ac.id/index.php/jipa/article/view/18

Jumahir, J. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Jurnal Musawa, 12(1), 108-139. https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591

Larasati, K. A. (2017). Peranan pendidikan agama kristen dalam membentuk perilaku kristiani peserta didik SMPN1 Cluwak Jawa Tengah. http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/130

Martsiswati. & Suryono (2014). Peran orang tua dan pendidik dalam menerapkan perilaku disiplin terhadap anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187-198. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/2688

McLeod, S. A. (2019). What a p-value tells you about statistical significance. Simply Psychology. https://www.simplypsychology.org/p-value.html

Nelly, W. T. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan iman anak berdasarkan 2 timotius 3:14-17. Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani, 4(2), 264-272. http://www.jurnal.stttorsina.ac.id/index.php/epigraphe/article/view/192

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terdahap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK Kesehatan Kota Tanggerang. Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 75-105. http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/320

Ranta, E., & Tanti, M. (2018). Peran orang tua terhadap prestasi belajar anak. Jurnal Abadikarya, 1(2), 130-132. https://doi.org/1030996/abdikarya.v1i2.2017.g1762

Rini, I. S., Dewi, S. E. K., & Supangat. (2020). Pengaruh perhatian orang tua dalam kegiatan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Nusa Tunggal Kecamatan Belitang III. Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 96-107. https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/jemari/article/view/582

Rumbewas, S. S. Laka, B. M. & Meokbun, N. (2018). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Saribi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 201-212. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v2i2.607

Safiri. & Nurhayati. (2018). Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa di sekolah. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 64-67. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/1624/1089

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Novrinda., Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensial, 2(1), 39-46. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3721/1969

Sitepu, A. (2021) Hubungan peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN 044833 NARIGUNUNG tahun ajaran 2020/202. Digital repository. http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/95

Sriyanti, L. (2014). Psikologi anak. Jawa Tengah: STAIN Salatiga Press.

Tafonao, T. (2018). Peran guru agama Kristen dalam membangun karakter siswad di era digital. Jurnal BIJAK, 2(1), 1-37. https://www.academia.edu/download/58575029/Journal_BIJAK_Vol._2__No._1._November_2018-converted.pdf

Yulianingsih, W., Suhanadji., Nugroho, R., & Mustakim. (2020). Keterlibatan orang tua dalam pendampingan belajar anak selama masa pandemi Covid19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Published
2023-01-10
How to Cite
LASUT, Elizabeth Meiske Maythy; SUUDA, Afmitha. Peran Orang Tua dan Prestasi Belajar Agama Siswa SMA. SUMIKOLAH: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 21-30, jan. 2023. ISSN 2985-3842. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/sumikolah/article/view/885>. Date accessed: 19 apr. 2025.
Section
Articles