Pola Asuh Orang tua dan Prestasi Belajar Siswa

  • Anita Amelia Ole Universitas Klabat
  • Oliver Weltin Stevinoon Weol

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan antara pola asuh orang tua dan prestasi belajar siswa SD. Penelitian ini bersifat kuantitatif-korelatif yang pengambilan datanya dilakukan menggunakan convenience sampling method di salah satu SD swasta di Kota Manado. Untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan prestasi belajar siswa digunakanlah analisis pearson correlation. Untuk mengetahui tingkat pola asuh orang tua dan prestasi belajar siswa digunakan analisis rerata score. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat pola asuh orang tua dan prestasi belajar siswa adalah tinggi. Selain itu, hasil utama penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orang tua dan prestasi belajar siswa Kata kunci— pola asuh orang tua, prestasi belajar

References

REFERENSI
Agustiawati, I. (2014). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Dasmo, D., Nurhayati, N., & Marhento, G. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Lestari, E. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Konsentrasi Patiseri SMK Negeri 1 Sewon Bantu Yogyakartl. Skripsi: Fakultas Teknik pendidikan teknik Boga dan Busana Yogyakarta.

Mandapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Cendikia Press.
Mudrikah, L. L. (2019). Pola Asuh Single Parent Dalam mengembangkan Moralitas Anak Di Desa Marga Mulya Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 7-15.

Nur, A. S., & Massang, B. (2016). Pengaruh pola asuh orang tua, konsep diri, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri di kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89-96.

Putri, N. E., Nirwana, H., & Syahniar, S. (2019). Hubungan kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa sekolah menengah atas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 98-102. https://doi.org/10.29210/02268jpgi0005

Rahmawati, F., Sudarma, I. K., & Sulastri, M. (2014). Hubungan antara pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa SD kelas IV semester genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2444
Ramadhan, M. R., Lubis, P. H., & Dedy, A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Siswa Bidang Matematika Kelas 5 di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2722-2734.
Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145-154. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18071

Sarwono, J. (2016). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Graha ilmu.
Septiari, B. B. (2012). Mencetak balita cerdas dan pola asuh orang tua.

Septiari, B. B. (2012). Mencetak balita cerdas dan pola asuh orang tua.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.
Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Erlangga.
White, E. G. (2001). Mendidik dan Membimbing Anak. Bandung: Indonesia Publishing House.
Wijayani, I., Haenilah, E. Y., & Sugiman, S. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(16).
Yusuf, M. (2014). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan. Jakarta: KENCANA.
Published
2023-01-10
How to Cite
OLE, Anita Amelia; WEOL, Oliver Weltin Stevinoon. Pola Asuh Orang tua dan Prestasi Belajar Siswa. SUMIKOLAH: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 57-65, jan. 2023. ISSN 2985-3842. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/sumikolah/article/view/876>. Date accessed: 24 may 2024.
Section
Articles