Pengaruh Game Online dan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh game online terhadap perkembangan karakter peserta didik di kelas 7A SMP Negeri 2 Airmadidi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 20 siswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, korelasi Pearson, uji t, dan uji F dengan bantuan aplikasi SPSS Version 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara waktu yang dihabiskan untuk bermain game online dengan perkembangan karakter siswa. Nilai korelasi Pearson sebesar -0.585 dan signifikansi 0.007 mengindikasikan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan siswa untuk bermain game online, perkembangan karakter mereka cenderung menurun sebesar 58,5%. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pengawasan yang lebih ketat dari orang tua dan pendidik terhadap aktivitas bermain game online untuk mencegah dampak negatif pada perkembangan karakter peserta didik.
References
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 9924, 88–100. file:///C:/Users/HP/Downloads/70-Article Text-536-1-10-20191223.pdf
Anwar, N. R., & Winingsih, E. (2021). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Banjar Dimasa Pandemi. Jurnal BK UNESA, 12(1), 559–571.
Labib Zamani, K. (2019). Kecanduan Game Online, Puluhan Pelajar Diobati di Rumah Sakit Jiwa Solo. Kompas. https://regional.kompas.com/read/2019/10/18/06380081/kecanduan-game-online-puluhan-pelajar-diobati-di-rumah-sakit-jiwa-solo?page=all
Lisnawati, L., Ganda, N., & Hidayat, S. (2021). Dampak Game Online Free Fire pada Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 840–850. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41750
Miken Srikandi Sipahuta, Ebun Romauli Siahian, Exaudi Daniel Jonatan Simbolon, Januar Tambunan, Jojor Silalahi, B. (2022). Pengaruh Game Online Mobile Legends terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas Viii di SMP Negeri 4 Sipoholon. 4, 1707–1715.
Munib, A. (2004). Pengantar Ilmu Pendidikan. UPT MKK UNNES.
Ondang, G. L., Mokalu, B. J., & Goni, S. Y. V. I. (2020). Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fispol Unsrat. Jurnal Holistik, 13(2), 1–15.
Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal [Development of National Character and Culture Education with Local Wisdom Insight]. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(February 2012), 1–13.
Utami, N. P. R. P., Odelia, A., Adinda, E. T. H., Valeska, A. S., Wibisono, Y. P., & Primasari, C. H. (2020). Sosialisasi dampak game online terhadap anak-anak. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i2.12
Wallen, N.E., & Fraenkel, J. R. (2000). Educational Research: A Guide To the Process (2nd ed.). https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781410601001