Implementasi Tracer Study Berbasis Web di Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Tracer study merupakan metode yang digunakan untuk melacak jenjang karier lulusan suatu lembaga pendidikan guna mengumpulkan informasi terkait ketenagakerjaan, relevansi kurikulum, dan kepuasan terhadap pengalaman belajar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem tracer study berbasis web bagi SMK Negeri 1 Sorong dengan menggunakan framework Bootstrap guna meningkatkan aksesibilitas dan kegunaan bagi alumni dan pemangku kepentingan lembaga. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan metodologi pengembangan perangkat lunak Waterfall yang meliputi fase analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu mengelola data alumni secara efisien, menyajikan laporan statistik yang informatif, serta menyediakan antarmuka yang responsif dan ramah pengguna. Implementasi Bootstrap memungkinkan tata letak yang adaptif di berbagai perangkat, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan sistem tracer study ini, SMK Negeri 1 Sorong dapat memperoleh data alumni yang akurat dan terkini, yang berguna untuk pengembangan kurikulum dan peningkatan mutu pendidikan
References
Adam, S. I., Lontaan, R. J., Supit, V. V., & Kolibonso, S. C. (2024). Pengembangan Aplikasi Kiosk Informasi Dan Navigasi Digital Untuk Universitas Klabat Berbasis Progressive Web Apps. CogITo Smart Journal, 10(2), 393–402. https://doi.org/10.31154/cogito.v10i2.745.393-402
Junaedy, A., Huraerah, A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2021). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18, 133–146. https://dx.doi.org/10.31958/jaf.v11i2.10548
Junius Lontaan, R., & Wellem Taju, S. (2022). Pengenalan Artificial Intelligence (AI) Kepada Siswa/I Smk Negeri 1 Sorong (Introduction to Artificial Intelligence (AI) for Students of SMK Negeri 1 Sorong). Julyxxxx, x, No.x(x), 1–5.
Juwita, M. I., Wicaksono, S. A., & Setiawan, N. Y. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Tracer Study Alumni Berbasis Web Menggunakan Metode RUP ( Studi Kasus : SMA Suluh Jakarta Selatan ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(6), 5703–5710. http://repository.ub.ac.id/172009/
Lontaan, R. J., & Sinadia, A. R. (2024). Design and Development of a Web-Based School Information System. CogITo Smart Journal, 10(2), 593–606. https://doi.org/10.31154/cogito.v10i2.858.593-606
Mayasari, P., Nahari, I., & Nashikhah, M. (2022). Studi Penelusuran Lulusan Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 60–67. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.11
Pangastuty, D. A., Muliawati, A., & Pranyana, I. W. W. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Tracer Study di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer Dan Aplikasinya (SENAMIKA, 383–394.
Sari, N. K. T. P. (2024). Bootstrap adalah Framework Populer untuk Web Responsive. https://www.kodingakademi.id/bootstrap-adalah-framework-populer-untuk-web-responsive
Ummah, M. S. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI SMK PASUNDAN MAJALAYA BERBASIS WEB. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Wahid, A. A. (2021). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK.
Wisesa, A. A., & Hariyati, N. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Website Di Sd Negeri Asemrowo 2 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(03), 674–686. http://sdnasemrowoiisurabaya.mysch.id
Yuda, F., Sabri, K., Dona, Puspita, R., & Rasyid, M. (2024). Sistem Informasi Akademik Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Terpadu Ujung Batu Berbasis Web. Riau Journal of Computer Science, 10(2), 82–87.
Yuhantini, E. F., Prianto, D. A., Subagio, I., Faruk, M., & Bulqini, A. (2023). Penelusuran Alumni Dalam Rangka Penyaluran Lulusan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fio Unesa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 228–234. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4591