Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Melukis Anak Tunagrahita di SLB Karya Bhakti

  • Luthfi Annaurotin Universitas Trunojoyo Madura
  • Nova Estu Harsiwi Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan keterampilan melukis anak tunagrahita di SLB Karya Bhakti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SLB Karya Bhakti yang terletak di Jl. Sidoyoso Wetan Lebar No. 14, RT. 005/RW. 12 Simokerto, Surabaya, Jawa Timur. Subjek penelitian adalah guru dan siswa tunagrahita SLB Karya Bhakti. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan wawancara semi-terstruktur untuk mendapatkan informasi. Dalam mengembangkan keterampilan melukis anak tunagrahita guru berperan penting sebagai inspirator, peran guru sebagai inspirator dapat memberikan ide-ide baru kepada anak tunagrahita. Guru juga berperan sebagai fasilitator, sebagai fasilitator guru dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung untuk mengeksplorasi kreativitas anak tunagrahita. Guru berperan sebagai motivator, sebagai motivator guru harus memastikan bahwa setiap anak merasa didukung dan didorong untuk mengembangkan keterampilan melukis. Guru berperan sebagai organisator, dalam peran ini guru merancang program pembelajaran yang terstruktur dan terencana untuk anak tunagrahita dalam mengembangkat bakat melukis. Guru berperan sebagai supervisor, sebagai supervisor guru berperan mengawasi dan memandu dalam proses mengembangkan keterampilan melukis anak tunagrahita. Dengan menggunakan peran ini secara efektif, guru tidak hanya membantu anak tunagrahita mengembangkan keterampilan teknis dalam melukis, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyeluruh dan membangun kepercayaan diri yang kuat.

References

Chandra, F. (2009). Peran Partisipasi Kegiatan di Alam Masa Anak, Pendidikan dan Jenis Kelamin Sebagai Moderasi Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan. Yogyakarta: Universita Gadjah Mada.
Marpaung, Tika Pratiwi., & Dodi Pasila Putra. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Bakat Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Restu Ibu Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10034-10042.
Setya, R W. (2020). Aliran Seni Lukis Indonesia. Semarang: ALPRIN
Mulyasa. (2015). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (2009). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Bandung: Bumi Aksara
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabet.
Tibo, P., Elpina Padang, M., & Sipayung, R. (2022). Peran Guru dalam Mewujudkan Keterampilan Vokasional Memanfaatkan Barang Bekas secara Kreatif bagi Anak Tunagrahita pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Luar Biasa C Karya Tulus. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 2(1), 051–061. https://doi.org/10.52110/jppak.v2i1.39
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (Jsp), 9(2), 116–126. Https://Doi.Org/10.36733/Jsp.V9i2.392
Published
2024-07-08
How to Cite
ANNAUROTIN, Luthfi; HARSIWI, Nova Estu. Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Melukis Anak Tunagrahita di SLB Karya Bhakti. SUMIKOLAH: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 74-80, july 2024. ISSN 2985-3842. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/sumikolah/article/view/1134>. Date accessed: 26 mar. 2025.
Section
Articles