Guru Profesional
Abstract
Abstrak
Studi ini bertujuan untuk menjelajahi konsep dan praktik menjadi seorang guru profesional di berbagai tingkatan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka dengan mengumpulkan data sekunder dari penelitian-penelitian terdahulu, termasuk dari literatur seperti buku-buku, jurnal, dan artikel dari berbagai sumber referensi yang diterbitkan dalam periode 10 tahun terakhir. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana menjadi seorang guru profesional dapat menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik untuk masa kini maupun masa yang akan datang. Temuan penelitian ini menyoroti pentingnya dedikasi, keterampilan pedagogis yang kuat, pengembangan diri yang berkelanjutan, kolaborasi, dan orientasi pada siswa sebagai karakteristik utama dari seorang guru profesional. Melalui penerapan prinsip-prinsip ini, diharapkan guru dapat memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk generasi yang kompeten dan berkarakter. Studi ini menegaskan bahwa pendekatan empiris yang menggunakan sumber-sumber yang dapat dipercaya menjadi kunci untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang tanggung jawab dan profesionalisme dalam profesi menjadi seorang guru.
Kata kunci: Guru, Profesionlisme, Pengajaran
References
Apiyani, A., Supriani, Y., Kuswandi, S., & Arifudin, O. (2022). Implementasi pengembangan
keprofesian berkelanjutan (PKB) guru madrasah dalam meningkatkan keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499-504.
Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru
profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.
Fardiansyah, H., Octavianus, S., Abduloh, A. Y., Ahyani, H., Hutagalung, H., Sianturi, B. J., &
Rini, P. P. (2022). Manajemen pendidikan (Tinjaun pada pendidikan formal). CV. Widina Media Utama.
Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi perkembangan pendidikan formal dan non formal. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 199-207.
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak
usia dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214-224.
Iskandar, B. A. (2022). Perspektif guru kelas pada program pada praktek pengalaman lapangan di Sekolah Dasar Negeri Banjarmasin. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 862-867.
Ismaniati, C. (2010). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 16.
Muali, C., & Qodratillah, K. R. (2018). Pengembangan karakter guru dalam menghadapi demoralisasi siswa perspektif teori dramaturgi. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(1), 102-126.
Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan
guru dalam mengelola kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23-30.
Qorib, M. & Zaini, M. (2020). Integrasi etika dan moral, spirit dan kedudukannya dalam
pendidikan islam, keprofesian berkelanjutan (PKB) guru madrasah dalam meningkatkan keprofesian.
https://publication.umsu.ac.id/index.php/ht/article/download/344/317
Rosmana, P. S., Ruswan, A., Lesmana, A. R. D., Andini, I. F., Yuliani, I. P., Ramanda, N., &
Citra, W. R. (2024). Penerapan LKPD terhadap efektivitas pembelajaran peserta didik di sekolah dasar. jurnal pendidikan tambusai, 8(1), 3082-3088.
Sabandi, A. (2013). Supervisi pendidikan untuk pengembangan profesionalitas guru
berkelanjutan. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 1-9.
Safitri, D. (2019). Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com.
Sarjana, S., & Khayati, N. (2016). Pengaruh etika, perilaku, dan kepribadian terhadap integritas guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 379-393.
Sulaiman, A., & Khoiri, Q. (2023). Analisis kebijakan Islam pada pendidikan tinggi,
sertifikasi guru dan dosen (dampak UU nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen bagi guru madrasah). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5594–5601. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11964
Tuerah, R. M. (2015). Penguasaan materi pembelajaran, manajemen dan komitmen menjalankan tugas berkorelasi pada kinerja guru SD di Kota Tomohon. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 137-154.
Yanti, N., Suhartono, S., & Kurniawan, R. (2018). Penguasaan materi pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia mahasiswa S1 program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(1), 72-82.