PENGARUH MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN PADA KINERJA GURU SEKOLAH ADVENT DI KOTAMADYA MANADO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah motivasi dan kepemimpinan berpengaruh signifikan pada kinerja guru sekolah Advent di Kota Manado bila faktor status kepegawaian diikutsertakan. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui survei kuesioner kepada 101 guru sekolah Advent yang berada di Kota Manado. Hasil analisis dengan menggunakan formula simple regression dan multiple regression menunjukkan bahwa motivasi kerja guru memiliki pengaruh yang signifikan pada kinerja guru honor dan guru tetap; kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan pada kinerja guru honor dan guru tetap; dan secara simultan motivasi kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh pada kinerja guru honor dan guru tetap. Hasil dari penelitian ini mengimplikasikan bahwa pengelolah pendidikan sekolah Advent perlu melakukan penilaian yang adil pada para guru honor serta membuat aturan yang jelas perihal peningkatan status kepegawaian mereka dari status honor menjadi status guru tetap. Implikasi selanjutnya adalah bagi guru tetap agar diberikan kesempatan pelatihan, kelanjutan sekolah, dan seminar yang berkaitan dengan pengembangan profesi guru.