KAJIAN IMPLEMENTASI SNPv1 (Simple Network Management Protocol) di Windows 2000 server

  • Andrew Tan Liem Universitas Klabat

Abstract

Perkembagan jaringan komputer di berbagai organisasi saat ini menimbulkan masalah yang semakin rumit dan kompleks. Ketika suatu organisasi semakin besar, dengan perangkat keras yang semakin banyak dan berbeda-beda dari berbagai jenis vendor, maka adalah merupakan tugas yang sulit bagi para administrasi jaringan untuk mengelola semua peralatan jaringan tidak hanya untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik tetapi juga harus memiliki performansi yang optimal.


SNMP merupakan salah satu protocol yang dapat mengatasi masalah dalam perkembangan dan pengelolaan jaringan yang rumit dan kompleks. SNPM digunakan untuk memonitor kesehatan dari router, server dan perangkat-perangkat keras lainnya. Tidak hanya itu, SNMP juga dapat digunakan untuk mengendalikan peralatan jaringan dan dapat melakukan sesuatu jika masalah pada jaringan muncul.


Penelitian ini mengkaji pengimplementasikan SNPM yang melibatkan beberapa tahap yaitu antara lain: konsep dasar SNMP, disain SNMP dan penerapannya. Dimulai dengan mengetahui bagaimana SNMP dan penerapannya. Dimulai dengan mengetahui bagaimana SNMP itu bekerja, selanjutnya melakukan disain perangkat keras dan arsitektur dari NMS (Network Management Statios) dilanjutkan dengan pemilihan perangkat lunak dan penerapan agen dan NMS pada Windows 2000 server dengan demikian maka “practive network management” dapat tercapai.

Published
2006-06-30
How to Cite
LIEM, Andrew Tan. KAJIAN IMPLEMENTASI SNPv1 (Simple Network Management Protocol) di Windows 2000 server. JIU (Jurnal Ilmiah Unklab), [S.l.], p. 1-10, june 2006. ISSN 1411-4372. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/jiu/article/view/315>. Date accessed: 20 july 2024.
Section
Articles