PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI PADA KUALITAS DAN PELAYANAN KARYAWAN PERUSAHAAN PELAYANAN JASA PUBLIK
Abstract
Di dalam sebuah perusahaan, para karyawan adalah aset yang harus dijaga. Mereka perlu dimotivasi agar dapat memberikan keuntungan maksimal bagi perusahaan. Seiring dengan berjalannya waktu, mereka sering mengalami kejenuhan dalam pekerjaan. Manajemen perusahaan harus jeli dalam memperhatikan fenomena ini. Usaha-usaha untuk mengatasi hal tersebut perlu diantisipasi dan ditindaklanjuti dengan mengadakan beberapa terobosan seperti seminar motivasi, pembuatan peraturan-peraturan perusahaan yang lebih fleksibel, tindakan memperindah lingkungan kerja, atau pemberian penghargaan bagi karyawan yang berprestasi. Kemampuan intelegensi para karyawan harus disertai dengan kemampuan dan keahlian khusus agar mereka dapat memberikan pelayanan yang prima bagi konsumen. Sekretaris sebagai karyawan dalam perusahaan harus dapat meningkatkan kemampuan intelegensi dan keterampilannya. Gelar dalam suatu disiplin ilmu tidak cukup. Saat ini seorang karyawan perlu memiliki kemampuan tambahan yang diperoleh secara informal melalui pengalaman bekerja dan interaksi sosial lainnya. Kemampuan formal dan informal karyawan itu besar pengaruhnya bagi jalannya roda perusahaan.