PERGESERAN PERAN, FUNGSI, DAN TANTANGAN SEKRETARIS PERUSAHAAN DI ERA GLOBALISASI

  • Marlina Sege Universitas Klabat

Abstract

Era globalisasi ini menuntut seorang sekretaris untuk mempunyai keahlian yang lebih, supaya ia tidak puas pada satu keahlian saja. Tantangan-tantangan yang harus dihadapi oleh seorang sekretaris berasal dari lingkungan eksternal dan internal. Tantangan di era globalisasi ini berhubungan dengan adanya kemajuan teknologi yang pesat di mana seorang sekretaris dituntut untuk dapat menguasai teknologi-teknologi yang berkembang pada zaman ini, meningkatkan kualitas berkomunikasi dengan meningkatkan bahasa yang dimiliki seperti bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, dan memiliki wawasan yang luas. Ia juga dituntut untuk memiliki keahlian dalam ilmu pengetahuan akuntansi atau pembukuan, memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam perusahaan tempat ia bekerja, dan mencari solusi dari masalah yang dihadapi dengan bijak. Seorang sekretaris juga dapat mencari dan memproses informasi dengan cepat dan akurat agar ia dapat menjadi solusi yang tepat bagi atasan atau pimpinan serta bagi penyelesaian pekerjaannya sendiri; ia harus mampu bertanggung jawab dalam pekerjaannya, ramah, dan beretika baik.

Published
2011-12-30
How to Cite
SEGE, Marlina. PERGESERAN PERAN, FUNGSI, DAN TANTANGAN SEKRETARIS PERUSAHAAN DI ERA GLOBALISASI. JIU (Jurnal Ilmiah Unklab), [S.l.], p. 48-58, dec. 2011. ISSN 1411-4372. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/jiu/article/view/278>. Date accessed: 15 sep. 2024.
Section
Articles