MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SEKRETARIS DALAM BIDANG PEMASARAN

  • Nouke Sysca Oroh Universitas Klabat

Abstract

Seorang sekretaris saat ini tidak hanya dituntut untuk mengetahui pekerjaan administrasi dan klerikal. Sekretaris yang memiliki tanggung jawab lebih dalam bidang pemasaran mempunyai nilai tambah bagi perusahaan dan bagi diri sendiri. Hal yang harus dilakukan oleh seorang sekretaris untuk dapat melakukan peran sebagai seorang sekretaris dan seorang pemasar adalah dengan memperluas pengetahuannya dalam bidang apa saja demi kemajuan perusahaan khususnya pada bidang pemasaran. Apabila kedua peran, fungsi dan tugas kedua profesi ini digabungkan dengan baik dan profesional maka akan memperkuat keberhasilan suatu perusahaan dan menjadi penggerak maju tidaknya suatu perusahaan atau organisasi. Keberhasilan dari sebuah perusahaan merupakan target yang harus ditempuh oleh seorang sekretaris pemasaran. Untuk mengembangkan strategi pemasaran, faktor utama yang harus dilakukan oleh seorang sekretaris adalah membangun rasa percaya diri, mengambil pandangan-pandangan positif ataupun negatif dari sisi pemasaran, menerapkan sasaran-sasaran, kemudian mengembangkan taktik pemasaran, anggaran biaya dan pengendaliannya.

Published
2009-06-30
How to Cite
OROH, Nouke Sysca. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SEKRETARIS DALAM BIDANG PEMASARAN. JIU (Jurnal Ilmiah Unklab), [S.l.], p. 47-59, june 2009. ISSN 1411-4372. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/jiu/article/view/270>. Date accessed: 02 dec. 2023.
Section
Articles