PENDEKATAN-PENDEKATAN DAN NILAI-NILAI PENGUSAHA KETURUNAN CINA DI KABUPATEN MINAHASA UTARA
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Minahasa Utara dengan responden penelitian pengusaha-pengusaha keturunan Cina. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan nilai Cina yang dominan bagi pengusaha keturunan Cina yang ada di Kabupaten Minahasa Utara yang berhasil dalam menjalankan bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan membagikan kuesioner kepada pengusaha keturunan Cina yang menjalankan usaha di Kabupaten Minahasa Utara. Hasil penelitian yang diperoleh dari 50 responden laki-laki dan perempuan pengusaha keturunan Cina yang ada di Kabupaten Minahasa Utara menunjukkan bahwa mereka setuju dan sangat setuju dengan nilai rata-rata keseluruhan setiap variabel yang digunakan untuk keberhasilan dalam menjalankan usaha mereka; nilai-nilai yang diperoleh adalah produk/service (4.68), informasi tentang pesaing (4.66), modal sendiri (4.06), segmen pasar (3.64), kejujuran (4.52), motivasi (4.46), kualitas diri (4.48), keagresifan (4.48), dan ketekunan (4.64). Sementara pada faktor harga, yang menjawab ragu-ragu adalah 56% lebih besar dari pada yang menjawab setuju dan sangat setuju yang hanya 38%.