Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2009
Abstract
Penelitian ini dibuat untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi Price Earning Ratio (PER). Price Earning Ratio merupakan salah satu pendekatan yang terdapat pada analisis fundamental. Adapun faktor-faktor yang diteliti adalah pertumbuhan penjualan, pertumbuhan Return on Equity Ratio (ROE), pertumbuhan Return on Investment Ratio (ROI) dan pertumbuhan Debt to Equity Ratio (DER) sebagai variabel bebas dan Price Earning Ratio sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2004-2009. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu hanya perusahaan yang sahamnya tercatat terus menerus selama periode 2004-2009 di Bursa Efek Indonesia. Tujuan penelitian kemudian dirinci untuk mengetahui: (1) Apakah masing-masing variabel bebas secara parsial berpengaruh terhadap Price Earning Ratio. Rumus statistik yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan uji t. (2) Apakah variabel-variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap Price Earning Ratio, menggunakan analisa regresi linier berganda dengan uji F. Hasil uji hipotesa mendapati bahwa secara parsial: pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap PER dengan koefisien 0, pertumbuhan ROE berpengaruh positif terhadap PER dengan koefisien 0.25, pertumbuhan ROI berpengaruh positif terhadap PER dengan koefisien 0.36, dan pertumbuhan DER tidak berpengaruh terhadap PER dengan koefisien 0. Sedangkan hasil uji F mendapati bahwa variabel-variabel bebas secara simultan tidak berpengaruh terhadap PER.