Educational Marketing: An Emerging Compatitive Advantage

  • Deitje Rompis Universitas Klabat

Abstract

Globalisasi dengan ciri pasar bebas tidak hanya menjual barang produksi industri saja, melainkan juga sumber daya manusia yang terlatih dan siap kerja, untuk itu dalam pengelolaan pendidikan sangat penting. Dan memegang peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan lembaga pendidikan ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan administrator dalam melakukan scaning lingkungan eksternal, strategi ini sangat penting agar dapat menang dalam persaingan. Penulisan ini bertujuan untuk mengatahui keunggulan dalam memasarkan pendidikan. Dari hasil yang didapat dari pengumpulan data informasi menunjukkan bahwa fokus dari manajemen pendidikan mengalami perubahan dari sekedar melayani proses pendidikan menjadi bagaimana membuatpemakai pendidikan diubah menjadi pelanggan pendidikan (customer pendidikan), dimana pelanggan pendidikan akan memberikan loyalitas yang tinggi untuk tidak bisa berpaling pada lembaga lain. Perubahan-perubahan pada aspek manajemen tersebut, harus dapat menciptakan : makes regular repeat purchases yaitu pelanggan yang selalu membeli atau memakai secara teratur program yang diluncurkan oleh lembaga, purchases across product and service lines yaitu pelanggan yang membeli diluar lini produk/jasa, Refers other yaitu merekomendasikan produk lain, dan Demonstrates an imunity to the full of the competition yaitu menunjukkan kekebalan dari daya tarik produk sejenis dari pesaing. Dengan demikian sangat jelas apa yang tersurat dalam ketentuan undang-undang pendidikan, pada dasarnya bertujuan mengembangkan satuan pendidikan yang tepat mempersiapkan generasi berkualitas, yakni berkhalak mulia, cendekia, kompoten menguasai IPTEK, produktif dalam karya, dan memiliki konstribusi, tinggi terhadap berbagai peran dalam peningkatan kualitas Bahasa Indonesia, baik regional dan nasional maupun dunia internasional.

Published
2010-12-31
How to Cite
ROMPIS, Deitje. Educational Marketing: An Emerging Compatitive Advantage. JBE (Journal of Business and Economics), [S.l.], p. 200-207, dec. 2010. ISSN 1412-0070. Available at: <https://ejournal.unklab.ac.id/index.php/jbe/article/view/112>. Date accessed: 04 oct. 2025.
Section
Articles