KETERLIBATAN KOGNITIF PADA PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS KLABAT

  • Arlien Jeannete Manoppo Faculty of Nursing, Universitas Klabat

Abstract

Kesuksesan dalam perkuliahannya dapat dilihat dari prestasi belajarnya, keterlibatan kognitif dalam proses perkuliahan merupakan salah satu faktor yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara keterlibatan kognitif dan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Klabat (FKep Unklab). Peneliti menggunakan metode cross sectional untuk mencapai tujuan penelitian tersebut. 203 mahasiswa yang terdaftar di Program Sarjana Keperawatan Universitas Klabat semester genap 2018/2019 dilibatkan oleh peneliti menjadi responden melalui teknik consecutive sampling. Instrumen untuk mengukur keterlibatan kognitif mahasiswa adalah adaptasi kuesioner aktivitas belajar ICAP (interactive, constructive, active dan passive), sedangkan prestasi belajar adalah nilai indeks prestasi kumulatif pada akhir semester berjalan. Temuan hasil dari penelitian ini adalah hampir semua atau 201 (99%) responden memiliki tingkat keterlibatan kognitif sedang hingga baik, sebagian besar atau 197 (97%) responden mendapatkan prestasi belajar B- hingga A, serta terdapat hubungan yang signifikan antara keterlibatan kognitif dan prestasi belajar mahasiswa FKep Unklab (p=0,046) dengan nilai r=0,141. Evaluasi dan monitor keterlibatan kognitif mahasiswa yang menjalani perkuliahan perlu dilakukan untuk mempertahankan capaian prestasi belajar yang baik.

Published
2020-10-30
How to Cite
MANOPPO, Arlien Jeannete. KETERLIBATAN KOGNITIF PADA PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS KLABAT. Nutrix Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 51-59, oct. 2020. ISSN 2580-6432. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/nutrix/article/view/474>. Date accessed: 26 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.37771/nj.Vol4.Iss2.474.