“JUMP”: GAME SIMULASI OLAHRAGA BERBASIS VIRTUAL REALITY DENGAN SENSOR ACCELEROMETER

  • Joe Yuan Mambu Program Studi Sistem Informasi, Universitas Klabat, Airmadidi
  • Andria Kusuma Wahyudi Program Studi Sistem Informasi, Universitas Klabat, Airmadidi
  • Gerry Hezky Program Studi Sistem Informasi, Universitas Klabat, Airmadidi

Abstract

Health is an important factor for every human being. Good health can be maintained through a regular diet and exercise. Sports is one of the physical activities can fulfill these needs. By exercising, a person can minimize the risk of developing an illness. The simplest exercise that can be done is jumping, jumping is an exercise that can be done any day, by jumping the person can burn calories and pumping blood. With the development of technology, the researchers designed a jumping game that can be used by users who did not have time to go to a sporting place. The game uses an Android platform smartphone and accelerometer sensors found on smartphones with virtual reality technology. Virtual Reality is a technology that allows users to interact with the virtual world. This game can display estimation of how many calories are burned while playing games and displaying tall buildings. This game is run by using the VR Headset and is controlled by the user with a vertical jump and running in place. The research aimed to serve as a proof of concept for play and exercise using a smartphone and accelerometer censor and not including evaluation in using it.


Keywords: Health, Exercise, Smartphone, Andorid, Accelerometer, Virtual Reality, VR Headset.


 


Abstrak


Kesehatan merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia. Kesehatan sendiri bisa diperoleh dengan cara menjaga pola makan dan olahraga secara teratur. Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan berolahraga, pengguna dapat meminimalisir resiko terserang penyakit. . Olahraga yang paling sederhana yang dapat dilakukan adalah melompat, melompat merupakan olahraga yang setiap hari dapat lakukan, dengan melompat pengguna dapat membakar kalori yang disertai dengan peningkatan aktivitas kerja jantung memompa darah. Dengan berkembangnya zaman dan teknologi, peneliti merancang sebuah game melompat yang dapat digunakan oleh pengguna yang tidak sempat untuk ke tempat olahraga. Game tersebut menggunakan smartphone ber-platform android serta sensor acceleromter yang terdapat pada smartphone dengan teknologi virtual reality. Virtual Reality adalah teknologi yang membuat pengguna bisa berinteraksi dengan dunia Virtual. Game ini dapat menampilkan informasi tentang berapa banyak kalori yang terbakar saat bermain game dan menampilkan gedung-gedung tinggi. Game ini dijalankan dengan menggunaka VR Headset dan dikendalikan oleh pengguna dengan cara berjalan dan melompat-lompat. Hasil penelitian ini adalah berupa output program yang membuktikan konsep bermain dan berolahraga menggunakan smartphone dan sensor akselerometer, belum termasuk evaluasi penggunaan.


Kata Kunci: Kesehatan, Olahraga, Smartphone, Andorid, Accelerometer, Virtual Reality, VR Headset

Published
2019-11-05
How to Cite
MAMBU, Joe Yuan; WAHYUDI, Andria Kusuma; HEZKY, Gerry. “JUMP”: GAME SIMULASI OLAHRAGA BERBASIS VIRTUAL REALITY DENGAN SENSOR ACCELEROMETER. Nutrix Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 58-62, nov. 2019. ISSN 2580-6432. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/nutrix/article/view/408>. Date accessed: 01 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.37771/nj.Vol3.Iss2.408.