PENGETAHUAN DAN SIKAP PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN DAN FAKULTAS EKONOMI

  • Loura Caroline Korengkeng Universitas Klabat
  • Ernest Cornelius Matindas Universitas Klabat

Abstract

Virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan pandemik telah berdampak sangat luas dalam kehidupan manusia, tidak terkecuali pada mahasiswa. Kemampuan penyebaran yang sangat cepat dari virus ini menyebabkan meningkatnya kasus positif bahkan kematian, telah mendorong setiap individu termasuk mahasiswa berperan untuk melakukan berbagai bentuk pencegahan penyebaran COVID-19. Tingkat pengetahuan bisa memengaruhi sikap individu terhadap pencegahan penyebaran virus ini dan tingginya paparan informasi terkait COVID-19 di masa pandemi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari gambaran perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap dari mahasiswa Fakultas Keperawatan (FKEP) dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Klabat terhadap pencegahan penyebaran COVID-19. Desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional; dimana populasinya adalah seluruh mahasiswa FKEP dan FEB yang aktif berkuliah pada tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah total sampel sebanyak 349 responden yang diambil dengan teknik snowball sampling. Hasil uji Mann Whitney U-Test menunjukan nilai signifikan sebesar 0,042 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat pengetahuan terhadap pencegahan penyebaran COVID-19 antara mahasiswa FKEP dengan mahasiswa FEB. Sedangkan pengujian menggunakan Mann Whitney U-Test terhadap perbedaan tingkat sikap terhadap pencegahan penyebaran COVID-19 antara kedua kelompok mahasiswa mendapat nilai signifikan sebesar 0,057 sehingga disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok mahasiswa. Direkomendasikan kepada mahasiswa untuk mempelajari dan memahami lebih lanjut tentang pentingnya pengetahuan yang benar dan akurat sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus. Kepada peneliti selanjutnya bisa menambahkan variable tindakan.


 KATA KUNCI: COVID-19, Pengetahuan, Sikap

Published
2022-10-29
How to Cite
KORENGKENG, Loura Caroline; MATINDAS, Ernest Cornelius. PENGETAHUAN DAN SIKAP PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN DAN FAKULTAS EKONOMI. Klabat Journal of Nursing, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 43-50, oct. 2022. ISSN 2685-7154. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjn/article/view/830>. Date accessed: 27 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.37771/kjn.v4i2.830.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.