ACADEMIC STRESS WITH SUICIDE BEHAVIOR IN COLLEGE STUDENTS

  • Reagen Jimmy Mandias Faculty of Nursing Universitas Klabat

Abstract

ABSTRAK

Perilaku bunuh diri merupakan tindakan yang merugikan diri sendiri dan biasanya terjadi pada individu yang memiliki masalah mental serta tidak sangup menghadapi persoalan hidup. Salah satu aspek yang memicu seseorang untuk berperilaku bunuh diri adalah stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres akademik dengan perilaku bunuh diri pada mahasiswa keperawatan Universitas Klabat yang dilakukan pada bulan Januari-Februari 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional, dengan uji statistik spearman rank. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling dengan jumlah sampel 119 responden. Hasil penelitian menunjukkan dari 119 responden didapati, 63.9% mahasiswa tidak memiliki perilaku bunuh diri dan 36.1% mahasiswa memiliki perilaku bunuh diri. Namun 75.6% mahasiswa mengalami stres akademik berat, diikuti 16.8% yang mengalami stres sedang, dan terdapat 7.6% yang memiliki stres sangat berat. Hasil penelitian menunjukkan p value 0,000<0,05 dan nilai koefisien korelasinya r= 0,412. Kesimpulan, ada hubungan yang sedang dan signifikan dengan arah positif stres akademik dengan perilaku bunuh diri pada mahasiswa keperawatan Universitas Klabat. Hasil penelitian ini diharapakn dapat menjadi bahan pertimbangan untuk pihak Fakultas maupun Universitas agar dapat memahami stress akademik yang dialami mahasiswa agar perilaku bunuh diri dapat dihindari.

Published
2022-04-30
How to Cite
MANDIAS, Reagen Jimmy. ACADEMIC STRESS WITH SUICIDE BEHAVIOR IN COLLEGE STUDENTS. Klabat Journal of Nursing, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 68-73, apr. 2022. ISSN 2685-7154. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjn/article/view/797>. Date accessed: 07 july 2022. doi: https://doi.org/10.37771/kjn.v4i1.797.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.