HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN BURNOUT PADA MAHASISWA PROFESI NERS UNIVERSITAS KLABAT DI ERA PANDEMI COVID 19

  • James Richard Maramis Universitas Klabat
  • Esther Tawaang Universitas Klabat

Abstract

Pandemi COVID-19 mengharuskan mahasiswa Profesi Ners melaksankan sistem pembelajaran daring, namun pembelajaran daring akan efektif jika didukung dengan jaringan yang stabil. Belajar daring yang cukup lama membuat mahasiswa Profesi Ners mengalami rasa bosan dan jenuh karena tidak bisa praktik langsung dilapangan. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran daring dengan burnout. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dan pengambilan sampel dalam penelitan ini adalah menggunakan teknik consecutive sampling dengan jumlah 79 responden. Data di analisis dengan menggunakan uji Spearman’s rho. Hasil analisis univariate frekuensi dan persentase menunjukkan 53 responden (67,1%) memiliki tingkat pembelajaran daring tidak efektif, 26 responden (32,9%) memiliki pembelajaran daring efektif. Selanjutnya, untuk burnout terdapat 34 mahasiswa (43%) memiliki burnout rendah, 41 mahasiswa (51,9%) memiliki burnout sedang dan 4 responden (5,1%) memiliki burnout tinggi. Hasil uji bivariate Spearman’s rho menunjukkan nilai signifikan yaitu ρ value=0,002 ≤ 0,05 dan nilai r= -0,341 yang menunjukkan arah korelasi negative antara dua variabel atau tidak searah. Kesimpulan yang didapat bahwa ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran daring dengan burnout pada mahasiswa Profesi Ners di Universitas Klabat. Peneliti selanjutnya dapat meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran daring dan dapat dilihat dari segi sarana dan prasarana.

References

Alimah, S., & Swasti, K.G. (2016). Gambaran Burnout Pada Mahasiswa Keperawatan Di Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, Vol 11 (2).

Argaheni, N.B. (2020). Sistematika Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya.
Vol. 8(2). e-ISSN: 2620-9969. http://jurnal.uns.ac.id/placentum

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Cetakan Ke-15. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. 2011. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badriyah, N. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi COVID-19. Bhirawa Online. Diakses pada 15 Agustus 2020. https://www.harianbhirawa.co.id/pembelajaran-daring-di-tengah-pandemi-covid-19/

Balasooriya, Chunming, Harrison, Macintyre, & Travaglia. (2017). Burnout in medical students: a systematic review of experiences in Chinese medical schools. BMC Medical Education (17), 1-11.

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, Vol. 5 (4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Firmansyah, R. (2012). Efektivitas Teknik Self Instruction Untuk Mereduksi Gejala Kejenuhan Belajar Siswa. Skripsi Jurusan PPB-FIP UPI.

Gerber. (2013). Burnout and mental health in Swiss Vocatioal students: the moderating role of physical activity. Journal of Research on Adolescence, Volume 25 (1), 63-74. DOI: 10.1111/jora.12097.

Hakiman. (2020). Pembelajaran Daring. Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Surakarta.

Herliandry, L.D., Nurhasanah., Suban, M.E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 22(1), Universitas Negeri Jakarta. e-ISSN: 2620-3081 p-ISSN: 1411-2744 DOI:https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.1528

Hikmat., Hermawan. E., Aldim., & Irwandi. (2020) Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Hodges, C., Moore, S., Lockee, B., Trust, T., & Bond, A. (2020). The Difference Between Emergency Remote Teaching And Online Learning. Educause.

Ikanubun, Y. (2020) Sulut Jadi Pilot Project Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19. Liputan6 . Retrieved from Sulut jadi pilot project pembelajaran daring: https://www.liputan6.com/regional/read/4335349/sulut-jadi-pilot-project-pembelajaran-daring-pada-masa-pandemi-covid-19

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2019). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama. Jurnal Skolastik Keperawatan VOL. 5 (2) ISSN: 2443 – 0935 E-ISSN 2443 – 16990

Kemendikbud. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Covid 19. Diakses pada 20 Agustus 2020 dari https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Kusnayat,A., Muiz, M.H., Sumarni, N., Mansyur, A.S., & Zaqiah, Q.Y. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, Volume 1 (2). ISSN Online: 2715-9779, 153-165.

Limbong, T & Simarmata, J. (2020). Determining Effective Subjects Online Learning (Study and Examination) with Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) Method. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 4(2), 370-376.

Livana, Ph., Mubin, M.H., & Basthomi, Y. (2020). “Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa. Volume 3 (2), e-ISSN 2621-2978

Lubis, N. (2016). Depresi tinjauan psikologis. Jakarta: KENCANA.

Maramis, J. R., & Kandowangko, C.P., (2019) Hubungan Burnout Dan Keluhan Nyeri Muskuloskeletal Pada Mahasiswa Profesi Ners Di Universitas Klabat. Jurnal Skolastik Keperawatan Vol. 5 (2). ISSN: 2443 – 0935 E-ISSN 2443 – 16990

Mastuti, R., Maulana, S., Iqbal, M., Faried, A.I., Arpan, Hasibuan, A.F.H., Jamaludin, Wirapraja, A., Saputra, D.H., Sugianto, Jamaludin, Arifah, F.N.,
Pinem, W., Purnomo, A., Saragih, L.M.S.,
Napitupulu, D., Hastuti, P., Tasnim, & Vinolina, N.S. (2020). Teaching From Home: Dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Maulana, H.A., & Hamidi, H. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi . Equilibrium: Jurnal Pendidikan.

Moore, J.L,, Dickson D.C, & Galyen K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same, The Internet and Higher Education.;14(2):129-35.

Nurcita, B., & Susantiningsih, T. (2020). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Dan Physical Distancing Pada Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta Vol 3(1): Journal Of Borneo Holistic Health.

Nursalam. (2013). Metodologi penelitian ilmu keperawatan: pendekatan praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2015). Metodologi penelitian ilmu keperawatan: pendekatan praktis, ed. 4. Jakarta: Salemba Medika.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember Di Tengah Pandemi Covid-19. Vol. 1(1). ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi .
Pratiwi, E. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.

Putri, R.M., Oktaviani, A.D., Utami, A.S.F., Latif, N., Addiina, H.A., & Nisa, H. (2020). Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Journal of Health Promotion and Behavior. 2020; 2(1): 38-45

Roszy, M.F. (2018). Hubungan Antara Dukungan Emosional Teman Sebaya Dengan Burnout Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Skripsi.

Sanjaya, F.R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Universitas Katolik Soegijapranata.

Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Veletsianos, G. (2020). Learning Online: The Student Experience. Baltimore, MD: Johns Hopkins University Press.

Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A. L., & Hendriyani, Y. (2020). Reviewing Online Learning Facing the Covid-19 Outbreak. 12(3), 385–392. Vol. VIII. (2). http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

WHO. (2020). WHO Director-General’s opening remarks at the media briefing on COVID-19. Accessed August 20, 2020. https://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-themedia-briefing-on-covid-19.

Yusuf, M.A. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Penerbit: Kencana
Published
2021-04-30
How to Cite
MARAMIS, James Richard; TAWAANG, Esther. HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN BURNOUT PADA MAHASISWA PROFESI NERS UNIVERSITAS KLABAT DI ERA PANDEMI COVID 19. Klabat Journal of Nursing, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 68-76, apr. 2021. ISSN 2685-7154. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjn/article/view/546>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.37771/kjn.v3i1.546.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.