HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HARGA DIRI REMAJA DI SMA UNKLAB AIRMADIDI

  • Nova Gerungan Universitas Klabat

Abstract

Pendahuluan: Masa remaja merupakan masa peralihan yang dialami oleh individu dengan berbagai perubahan yang terjadi secara pesat. Salah satu perubahan yang terjadi pada masa remaja adalah harga diri. Harga diri merupakan penilaian yang diberikan oleh individu terhadap dirinya sendiri baik secara positif atau negatif dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pola asuh orang tua. Pola asuh merupakan cara orang tua dalam membentuk kepribadian anak dan cenderung berbeda dalam setiap keluarga tergantung pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan harga diri remaja di SMA Unklab Airmadidi. Metode: Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimental dengan pendekatan cross-sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling dengan sampel sebanyak 107 orang. Analisa data menggunakan rumus presentasi pada rumusan masalah pertama dan kedua serta rumus Anova test pada rumusan masalah ketiga. Hasil: Hasil penelitian adalah mayoritas pola asuh yang diterapkan oleh orang tua adalah pola asuh demokratis dan harga diri yang dimiliki oleh remaja di SMA Unklab Airmadidi mayoritas adalah harga diri tinggi serta tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan harga diri remaja di SMA Unklab Airmadidi, dengan nilai p value 0,292 ˃ 0,05. Rekomendasi: Rekomendasi bagi orang tua adalah tetap menerapkan pola asuh yang sesuai untuk membantu remaja memiliki harga diri tinggi, bagi remaja tetap menghargai dan bersikap positif terhadap diri sendiri. Bagi peneliti selanjutnya, dapat menambahkan variabel lain seperti dukungan teman sebaya dan lingkungan sekolah.


 

References

Budiman, Juhaeriah, J., & Rahmawati, F. (2011). Faktor - faktor yang mempengaruhi harga diri remaja akhir (16-18 tahun) akibat perceraian orang tua di SMAN 3 Subang. The Canadian journal of Psychiatry, 58(4), 226-230.
Chiew, L. Y. (2011, April). A study of relationship between parenting styles and self esteem. Retrieved from Eprints Utar: http://eprints.utar.edu.my/278/1/PY-2011-0802154.pdf.
Ghufron. (2010). Teori-teori Perkembangan. Bandung: Refika Aditama.
Haryanti, Dina, & Sutejo. (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Harga Diri Siswa di SMAN 1 Kretek Bantul. Retrieved from Digilib.unisayogya: http://digilib.unisayogya.ac.id.
Hong, O. S., Long, C. S., & Rahman, R. H. (2015, Agustus). An Analysis on the Relationship between Parenting Styles and Self Esteem of Students of a University in Malaysia : A Case Study. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(4), 300-310.
Hurlock, E. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Alih Bahasa Istiwidayanti dkk) Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.
Kadek, N., & Angrreni, D. A. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan lama penggunaan gadget anak prasekolah. Retrieved from Repository Poltekkes Denpasar: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/2048/.
Khamim, Z. P. (2017). Memahami ciri dan tugas perkembangan remaja. Jurnal aplikasi ilmu - ilmu agama, 17(1), 25-32.
Khoirunnisa, S., Fitria, N., & Rofi, H. (2015). Gambaran pola asuh orang tua yang dipersepsikan remaja SMA Negeri Jatinangor Kabupaten Sumedang . Jurnal Ilmu Keperawatan, 3(2), 51-63.
Lina, F. R., & Hidayati, R. W. (2018). Hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat harga diri remaja di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Yogyakarta.
Nurmalasari, Y. (2015). Dukungan sosial dan harga diri pada remaja penderita lupus. Jurnal Psikologi , 8(1), 46-51.
Putra, A. (2019, September 24). Apa itu Self-esteem atau Harga Diri? Ternyata Beda Dari Percaya Diri! Retrieved from SehatQ: https://www.sehatq.com/artikel/apa-itu-self-esteem-atau-harga-diri
Romadona, M. R. (2018). Peran Harga Diri dalam Organisasi dan Komunikasi Organisasi terhadap. Jurnal Pekommas, 3(2), 191-202.
Setiadi. (2013). Konsep dan praktek penulisan riset keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Setiawan, N. A. (2018). Hubungan pola asuh orangtua dengan harga diri pada remaja di SMKN 5 Samarinda. Retrieved from Dspace UMKT: https://dspace.umkt.ac.id/handle/463.2017/937?show=full
Setyanti, C. A. (2013 , November 30). Remaja Paling Sensitif dengan Masalah Harga Diri. Retrieved from Kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2013/11/30/0846454/Remaja.Paling.Sensitif.dengan.Masalah.Harga.Diri.
Silva, S. (2020). Common mental disorders prevalence in adolescents: A systematic review and meta-analyses. Retrieved from National Center for Biotechnology Information: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7179924/
Siswanto. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan kesehatan.
Smith, & O'Brien. (2015). Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.
Sochib, M. (2010). Pola asuh orang tua . Jakarta: Rineka Cipta.
Soetjiningsih, S. M., Windiani, I. T., & Adnyana, I. S. (2018). Korelasi Pola Asuh Orangtua Terhadap Self-Esteem Remaja Sekolah. SariPediatri, 20(1), 24-30.
Sudarto, & Adpriyadi. (2019). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak usia dini pada Subsuku Dayak Inggar Silat. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 129-136.
Wakhidah, S. N. (2019, Agustus 16). Sesuaikan Pola Asuh dengan Kepribadian, Cari Tahu di Sini! Retrieved from Parenting.dream.co.id: https://parenting.dream.co.id/ibu-dan-anak/tips-parenting-dari-4-tipe-orang-tua-tipe-yang-manakah-anda-190816i.html
Published
2021-04-30
How to Cite
GERUNGAN, Nova. HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HARGA DIRI REMAJA DI SMA UNKLAB AIRMADIDI. Klabat Journal of Nursing, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 52-59, apr. 2021. ISSN 2685-7154. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjn/article/view/541>. Date accessed: 21 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.37771/kjn.v3i1.541.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.