ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN LULUSAN PROFESI NERS UNIVERSITAS KLABAT

  • Reagen Jimmy Mandias Faculty of Nursing Universitas Klabat

Abstract

Salah satu tolak ukur mutu suatu program studi adalah kecepatan penyerapan alumni yang dihasilkan dalam dunia pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyerapan lulusanĀ  profesi NERS Universitas Klabat di dunia kerja dalam persepsi para alumni. Penelitian ini bersifat deskriptif, yang melibatkan 71 alumni yang meresponse google form yang dikirimkan pada group alumni Fakultas Keperawatan profesi Ners Universitas Klabat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 20 faktor yang berperan dalam penyerapan lulusan profesi NERS di lapangan pekerjaan, namun lima faktor teratas adalah sikap, ketrampilan, lulusan dari universitas unggulan, sertifikat dan pengetahuan. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, peneliti ingin mengajukan saran kepada Fakultas Keperawatan Universitas Klabat, agar memperbanyak praktek untuk pengembangan soft skill para mahasiswa, serta pengembangan kepribadian dalam membentuk sikap atau attitude para calon perawat, mengasah skill para mahasiswa dan melaksakan sertifikasi sesuai kebutuhan pasar sehingga dalam dunia pekerjaan, para alumni akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

Published
2021-04-30
How to Cite
MANDIAS, Reagen Jimmy. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN LULUSAN PROFESI NERS UNIVERSITAS KLABAT. Klabat Journal of Nursing, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 47-51, apr. 2021. ISSN 2685-7154. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjn/article/view/537>. Date accessed: 21 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.37771/kjn.v3i1.537.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.