Diaphragmatic Breathing Exercise And Blood Pressure Of Prehipertensive Clients At Universitas Advent Indonesia

  • Giovanni M Sinaga
  • Evelin Malinti Universitas Advent Indonesia

Abstract

ABSTRAK


Peningkatan tekanan darah adalah suatu kondisi progresif. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa mahasiswi Universitas Advent Indonesia ada potensi untuk mengalami peningkatan tekanan darah. Penelitian ini bertujuan untuk menginvinvestigasi efek dari diaphragmatic breathing exercise pada tekanan darah  klien prehipertensi. Penelitian ini menggunakan desain pre experimental dengan jenis one group pretest posttest. Populasi peneletian adalah mahasiswi keperawatan yang tinggal di asrama putri Universitas Advent Indonesia. Responden dipilih dengan teknik purposive sampling. Sebanyak 17 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan menandatangani informed consent. Responden diajarkan cara melakukan diaphragmatic breathing exercise dan melakukannya sebanyak 3 siklus. Tekanan darah sistol dan diastol diukur sebelum dan sesudah melakukan diaphragmatic breathing exercise. Rata- rata tekanan darah sebelum melakukan diaphragmatic breathing exercise dikategorikan sebagai prehipertensi. Rata- rata tekanan darah setelah melakukan diaphragmatic breathing exercise dikategorikan normal. Hasil uji t-berpasangan menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan (p value < .05) pada tekanan darah baik sistol maupn diastol sebelum dan sesudah diaphragmatic breathing exercise. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah mengembangkan penelitian ini dengan jumlah responden yang lebih besar pada pasien hipertensi dengan mengukur tekanan darah dan nadi .


Kata kunci: Diaphragmatic Breathing Exercise, Tekanan Darah, Prehipertensi

Published
2019-05-20
How to Cite
SINAGA, Giovanni M; MALINTI, Evelin. Diaphragmatic Breathing Exercise And Blood Pressure Of Prehipertensive Clients At Universitas Advent Indonesia. Klabat Journal of Nursing, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 64-70, may 2019. ISSN 2685-7154. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjn/article/view/382>. Date accessed: 28 may 2020. doi: https://doi.org/10.37771/kjn.v1i1.382.