ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP CITRA MEREK DAN MINAT BELI PELANGGAN PADA SITUS ONLINE SHOPEE
Abstract
This study aims to analyze the effect of electronic word of mouth on Tiktok social media on brand image and customer buying interest on the Shopee online site. The population used in this study are Tiktok social media users who live in Bitung city. The sample in this study was 112 respondents, who were determined using the purposive sampling method. The research method uses a causal descriptive research method with a quantitative approach. The results of descriptive statistics show that in the e-WOM variable, the online review indicator gets the highest average value. The idea and content detail indicators get the highest average value for the Brand Image variable. Moreover, for the Purchase Interest variable, the interest and uniqueness indicators get the highest average value. The results of the study using the t-test showed that e-WOM partially affected Brand Image, e-WOM had no effect on buying interest, and Brand Image partially influenced Buying interest. The results of the f-test show that the e-WOM variable and the Brand Image variable simultaneously significantly affect Purchase Interest. And the results of the Sobel test show that brand image is able to mediate the relationship between the e-WOM variable and the buying interest variable.
Keywords: brand image, buying interest, e-WOM, Shopee, Tiktok.
Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari electronic word of mouth (e-WOM) pada media sosial Tiktok terhadap citra merek dan minat beli pelanggan pada situs online Shopee. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah pengguna media sosial Tiktok yang berdomisili di kota Bitung. Sampel pada penelitian ini sebanyak 112 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Hasil statistik deskriptif menunjukan dalam variabel e-WOM, indikator ulasan online mendapatkan nilai rata-rata tertinggi. Untuk variabel citra merek, indikator ide dan detail konten mendapatkan nilai rata-rata tertinggi. Dan untuk variabel minat beli, indikator ketertarikan dan keunikan mendapatkan niali rata-rata tertinggi. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t menunjukan e-WOM secara parsial berpengaruh terhadap citra merek, e-WOM tidak berpengaruh terhadap minat beli, citra merek secara parsial berpengaruh terhadap Minat Beli. Hasil uji f menunjukan, secara simultan variabel e-WOM dan variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Dan hasil Sobel test menunjukan citra merek mampu memediasi hubungan antara variabel e-WOM dan variabel minat beli.
Kata kunci: citra merek, e-WOM, minat beli, Shopee, Tiktok
References
Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. Diponegoro Journal Of Management, 1-14.
Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 137-144.
Bakti, U., Hairudin, & Alie, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 101-118.
Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 565-572.
Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphonemerek Oppodi Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. JBMA (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi , 61-75.
Cooper, D. R., & Schindler, P. (2011). Business research methods. New york: Mc GrawHill/Irwin.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan penerbit universitas diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harahap, J. Y. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Ketergantungan Internet Di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. Jurnal Edukasi, 131-145.
Hidayat, A. (2012, Oktober 19). Penjelasan Analisis deskriptif dan Tutorianya dengan Excel. Retrieved from Statistikian: https://www.statistikian.com/2012/10/analisis-deskriptif-dengan-excel.html
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing.
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375, 95-112.
Iwan Hermawan, S. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Jalilvand, R., Esfahani, S. S., & Samiei, N. (2011). Electronic word-of-mouth: challenges and opportunities. Procedia Computer Science 3, 42-46.
John Budiman Bancin, S. M. (2019). Citra Merek dan Word of Mouth (Peranannya Dalam Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina). Surabay: Jakad Media Publishing.
Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1-7.
Kietzmann, J., & Canhoto, A. (2013). Bittersweet! Understanding and Managing Electronic Word of Mouth. Journal of Public Affairs.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Pretice Hall.
Lestari, E. D., & Gunawan, C. (2021). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 1(2), 75-81.
Mardiastika, E. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Film, Efek Komunitas dan Persepsi Harga Terhadap Sikap Menonton dan Implikasinya Terhadap Minat Menonton. Jurnal Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang.
Mumtaz, Z. S., & Saino. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi tik tok sebagai media promosi dan trend glow up terhadap minat beli produk kecantikan. Jurnal Manajemen, 282-291.
Putri, S. R., & Amalia, R. (2018). Pengaruh e-wom terhadap citra perusahaan dan dampaknya terhadap niat beli konsumen pada situs online shopee. Id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 75-84.
Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 17-22.
Siswanto, T. (2013). Optimalisasi Sosial Media Sebagaimedia Pemasaran Usaha Kecil Menengah. JurnalLiquidity, 80-86.
Situmorang, S. H., Muda, I., Doli, M., & Fadli, F. S. (2010). Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. USUpress.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Susanti, S., & Dyatmika, S. W. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah (Studi kasus pada Follower instagram Wardah Beauty). Journal of Sustainability Business Research, 391-402.
Umar, H. (2010). Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Pers.
Utami, A. S., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying. Cakrawala- Jurnal Humaniora, 257-262.
Weimann, G., & Masri, N. (2020). Research Note: Spreading Hate on TikTok. Studies In Conflict & Terrorism, 1-14.
Widyayanti, E. R. (2019). Pengaruh Marketplace Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Ukm (Studi Pada Ukm Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Optimum, 1-14.
Wolny, J., & Mueller, C. (2013). Analysis of fashion consumers’ motives to engage in electronic word-of- mouth communication through social media platforms. Journal of Marketing Management, 562- 583.
Zahro, E. K. (2020). Digital Literacy Skill dalam Upaya Peningkatan Laba Usaha pada Kalangan Pelaku Usaha Kecil di Kota Surabaya. Palimpsest: Journal of Information and Library Science, 81-124.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.