FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI MINIMARKET MODERN DI DESA KEMA

  • Syonia Hetharia Unklab Business School
  • Reggy Nelson Sarmita Unklab Business School

Abstract

This study aims to determine what factors affecting consumer behaviour on shopping at modern mini markets in Kema village. This research is a quantitative-qualitative study using Exploratory Factor Analysis (EFA). By using primary data obtained from distributing questionnaires in two ways: Google Form and printed on paper then distributed directly to 200 respondents who live in Kema and have made at least 2 purchases at mini markets in Kema, with 19 statement items that have gone through the validation process. The results of this study found that there are 3 factors affecting consumer behaviour on shopping at modern mini markets in Kema village, they are Electronic Transaction, Customer Service, and Store Appearance. Based on the Independent t-test, it was found that there was no significant difference based on gender for the three existing factors. And for the ANOVA test, it was found that there was a significant difference based on income to Electronic Transaction, but for the Customer Service and Store Appearance there was no difference based on income.


Keywords: Customer Service, Electronic Transaction, Store Appearance.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanja di minimarket modern di desa Kema. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif-kualitatif yang menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan melalui dua cara yaitu, Google Form dan dicetak dengan kertas lalu dibagikan secara langsung kepada 200 responden yang berdomisili di desa Kema dan pernah melakukan minimal 2x pembelian di minimarket di desa Kema, dengan 19 item pernyataan yang telah melalui proses validasi terlebih dahulu. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa terdapat 3 faktor yang terbentuk yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanja di minimarket modern di desa Kema yaitu Faktor Electronic Transaction, Faktor Customer Service, dan Faktor Store Appearance. Berdasarkan uji Independent t-test ditemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan berdasarkan gender terhadap ketiga faktor yang ada. Dan untuk uji ANOVA didapati bahwa terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan pendapatan terhadap Faktor Electronic Transaction, tetapi untuk Faktor Customer Service dan Faktor Store Appearance tidak terdapat perbedaan berdasarkan pendapatan.


Kata kunci: Customer Service, Electronic Transaction, Store Appearance.

References

Anggraini, P. (2013). Pengaruh Sebaran Lokasi Minimarket terhadap Jangkauan Pelayanan Pasar Tradisional di Kecamatan Banyumanik. Jurnal Pembangun Wilayah Dan Kota, 9 (1): 97‐109. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/pwk/article/view/6530/5386.

Bekti, R. D., Pratiwi, N., Jatipaningrum, M. T., & Auliana, D. (2017). Analisis Pengaruh Lokasi Dan Karakteristik Konsumen Dalam Memilih Minimarket Dengan Metode Regresi Logistik Dan Cart. Media Statistika, 10 (2), 119-130. https://www.researchgate.net/profile/NovianaPratiwi/publication/324008961_ANALI SIS_PENGARUH_LOKASI_DAN_KARAKTERISTIK_KONSUMEN_DALAM_M EMILIH_MINIMARKET_DENGAN_METODE_REGRESI_LOGISTIK_DAN_CA
RT/links/5ed23b8a92851c9c5e66700c/ANALISIS-PENGAR.

Calista, I. G., & Suparna, G. (2015). Pengaruh Motivasi Rasional, Motivasi Emosional Dan Harga Diri Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Mahasiswa Universitas Udayana Dimoderenisasi Oleh Gender. E-Jurnal Manajemen Unud, 4 (5), 1322-1335. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/11774/8854.

Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://dlscrib.com/download/spss-imam- ghozali_5976c999dc0d604a2b043375_pdf.

Indrajit. (2015). Pengaruh Pelayanan Yang Berkualitas Terhadap Kinerja Minimarket Di Airmadidi. Journal of Business and Economics, 14(1), 34-39. http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/jbe/article/view/10/4.

Irma, A., & Saputra, H. (2020). Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Garuda Plaza Hotel. Jurnal Niagawan, 9(3), 164-171. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/niagawan/article/view/19010.

Keuangan, K. (2018, Maret 29). Sudah Saatnya Beralih ke E-money, Alat Pembayaran Zaman Now. Diambil kembali dari kemenkue.go.id: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel-dan-opini/sudah-saatnya-beralih-ke-e- money-alat-pembayaran-zaman-now/

Kolter, P., & Keller, K. L. (2012). Analyzing Consumer Markets. New Jersey: Prentice Hall. Kotler, P., & Keller, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Levy, & Weitz. (2009). Retailing Management (8th ed.). New York: McGraw-Hill.

Levy, M., Weitz, A. B., & Grewal, D. (2014). Retailing Management. New York: Mcgraw- hill education.

Ma'ruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. http://repository.uin- suska.ac.id/4137/4/BAB%20II.pdf.

Midtrans, D. M. (2021, Juli 24). Diambil kembali dari Midtrans: https://midtrans.com/id/blog/5-alasan-kenapa-pembayaran-online-begitu-diminati- saat-ini

Pahlevi, R. (2021, 11 25). Databoks. Diambil kembali dari Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/25/jumlah-gerai-minimarket- meningkat-39-pada-2020
Perdana, D. A., & Susanthi, P. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Memilih Minimarket. Jurnal Rekaman, 5(3), 382-388. http://ojs.jurnalrekaman.com/index.php/rekaman/article/view/129/122.

Schiffman, L., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior, 11th edition. New York : Pearson Education.

Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana. https://books.google.co.id/books?id=HdxDDwAAQBAJ&lpg=PR4&hl=id&pg=PP1# v=onepage&q&f=false.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif (Perhitugan Manual dan SPSS). Jakarta: Bumi Aksara. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/18632/metode-penelitian- kuantitatif-dilengkapi-dengan-perhitungan-manual-spss.html.

Sugiyono. (2017). Motode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. https://adoc.pub/48-sugiyono-memahami-penelitian-kualitatif-bandung-alfabeta-.html.

Sulaiman, H., Syah, L. Y., & Wiwin, A. (2019). Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Dari Ritel Tradisional Ke Ritel Modern. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.33557/jibm.v2i1.347.

Sumarwan, U., & Tjiptonon, F. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: PT Penerbit IPB Press. https://books.google.co.id/books?id=gjP4DwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1#v= onepage&q&f=false.

Suwarman. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia. http://sumarwan.staff.ipb.ac.id/files/2014/11/2002-Perilaku-Konsumen.pdf.

Utara, B. P. (2020). Fasilitas Ekonomi: Badan Pusat Statistik Minahasa Utara. Diambil kembali dari Badan Pusat Statistik Minahasa Utara: https://minutkab.bps.go.id/indicator/20/112/1/jumlah-fasilitas-ekonomi-menurut- kecamatan-dan-jenisnya.html

Yong, G., & Pearce, S. (2013). A beginner's Guide to Factor Analysis: Focusing on Exploratory Factor Analysis. Tutorials in Quantitative Methods for Psychology, 9(2), 79-94. https://doi.org/10.31154/kjm.v2i1.556.20-32.

Zaiontz, C. (2012). Miscellaneous: Real statistics. Diambil kembali dari Retrieved from Real Statistics: http://www.real-statistics.com/reliability/cronbachs-alpha/
Published
2022-09-30
How to Cite
HETHARIA, Syonia; SARMITA, Reggy Nelson. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI MINIMARKET MODERN DI DESA KEMA. Klabat Journal of Management, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 20-31, sep. 2022. ISSN 2722-726X. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjm/article/view/877>. Date accessed: 27 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.31154/kjm.v3i2.877.20-31.