PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA

PADA DISTRO PARAHYANGAN BANDUNG

  • Muhammad Iffan Universitas Komputer Indonesia
  • Luthfia Anggita Universitas Komputer Indonesia

Abstract

The city of Bandung is one of the most creative cities in Indonesia so that this city is one of the cities that is able to create and develop various types of business opportunities. The creative industry sector is a major contributor to regional income and economy so that economic development in the city of Bandung shows a relatively high increase. Creative industry entrepreneurs, especially the fashion sector in the city of Bandung, opened their business by establishing a clothing store in the form of a distribution outlet. This has resulted in intense competition in the fashion industry. The purpose of this research report is to find out and analyze how the influence of Entrepreneurship Orientation and Product Diversification on Business Success at Parahyangan Distro Bandung. The object of this research is the business owners of the Parahyangan distribution in Bandung with the number of business owners 131 with a total sample of 57 business owners. The results of the study on these findings simultaneously and partially with the r Square test obtained the results of 0.553 or 55.3% and based on the value of 44.7% which influenced other factors not examined.


Keywords: Business Success, Entrepreneurship Orientation, Product Diversification


Kota Bandung menjadi salah satu kota paling kreatif di Indonesia sehingga kota ini merupakan salah satu kota yang mampu menciptakan dan mengembangkan berbagai jenis peluang usaha. Sektor industri kreatifnya menjadi penyumbang besar terhadap pendapatan dan perekonomian daerahnya sehingga perkembangan ekonomi di kota Bandung menujukkan peningkatan yang tergolong tinggi. Para pengusaha industri kreatif khususnya bidang fashion di Kota Bandung membuka usaha mereka dengan mendirikan toko pakaian berupa Distro (Distribution Store). Hal ini mengakibatkan ketatnya persaingan dalam industri fashion. Tujuan adanya laporan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Diversifikasi Produk terhadap Keberhasilan Usaha pada Distro Parahyangan Bandung. Objek dalam penelitian ini adalah para pelaku usaha distro parahyangan Bandung dengan jumlah pelaku usaha 131 dengan perhitungan jumlah sampel 57 pemilik usaha. Hasil Penelitian mengenai temuan ini secara simultan dan secara parsial dengan uji r Square mendapatkan hasil 0,553 atau 55,3% dan sisanya dengan nilai 44,7% yang dipengaruhi faktor lainnya yang tidak diteliti.


Kata kunci: Diversifikasi Produk, Keberhasilan Usaha, Orientasi Kewirausahaan

References

Aji, S. P., Mulyadi, H., & Widjajanta, B. (2018). Keterampilan wirausaha untuk keberhasilan usaha. Journal of Business Management Education (JBME), 3(3), 111-122.

Ardiyanti, D., & Mora, Z. (2019). Pengaruh Minat usaha dan motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha wirausaha muda di kota langsa. Jurnal samudra ekonomi dan bisnis, 10(2), 168-178.

Ayuni, N. M. S., Gorda, A. A. N. E. S., & Budiasni, N. W. N. (2019). Orientasi Kewirausahaan AAB Mote Desa Nagasepaha Sebagai Produk Ikonik. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 1-11.

Bustan, J. (2016). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Orientasi Pembelajaran dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Pada Usaha Kecil Pengolahan Pangan Di Kota Palembang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14(1), 29-42.

Dewi, R., & Herlina, T. (2021). Pengaruh Kreativitas dan Kemampuan Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha pada UMKM Kuliner di Baturaja Timur Kabupaten OKU. Jurnal Manajemen Bisnis Unbara, 2(1), 75-93.

Fatmawati, R. A., Pradhanawati, A., & Ngatno, N. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada Warung Kucingan/Angkringan Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 351-362

Fitri, E., Sabrina, H., & Amelia, W. R. (2022). The Effect of Creativity and Product Innovation on Business Success in Coconut Shell Waste Craftsmen in The Bukit Lawang Plantation Village Bahorok District Langkat Regency. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 3(1), 79-91

Hermawan, L. (2015). Dilema Diversifikasi Produk: Meningkatkan Pendapatan Atau Menimbulkan Kanibalisme Produk. Competence: Journal of Management Studies, 9(2)

Hill, C. W. L., Jones, G. R., & Schilling, M. A. (2015). Strategic Management An Integrated Approach (11th ed.). Stamford: Cengage Learning

Lestari, D., & Sutrisna, E. U. (2018). Pengaruh Atmosfer Toko dan Diversifikasi Produk terhadap Kepuasaan Pelanggan pada Giant Supermarket Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(1)

Lucky, E. O. I., Olusegun, A. I., & Bakar, M. S. (2012). Determinants of Business Success: Trust or Business Policy?. Researchers World, 3(3), 37.

Novitasari, M. E. (2013). Pengaruh Diversifikasi Produk dan Distributor Terhadap Volume Penjualan Souvenir (pada Industri Kerajinan Kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun 2012).

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. (2012).Management, Eleventh Edition, (United States of America: Pearson Education Limited).

Sartika, S., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Strategi. Resource Based View dan. Orientasi. Kewirausahaan Terhadap Keungggulan. Bersaing di Sentra Jeans Cihampelas Bandung. Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 1(1), 107-116.

Suhartini, Y. (2021). Pengaruh Karakteristik Wirausaha Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Warung Kelontong Di Kasihan Bantul Yogyakarta. Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 18(2).

Susanto, H. (2022). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha Percetakan di Sampit. Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan), 7(1), 46-56.

Wardi, Y., Susanto, P., & Abdullah, N. L. (2017). Orientasi Kewirausahaan pada Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sumatera Barat: Analisis Peran Moderasi dari Intensitas Persaingan, Turbulensi Pasar dan Teknologi. Journal of Technology Management, 16(1), 46-61.

Wilson, G. A., Perepelkin, J., & Zhang, D. D. (2020). The roles of diversification and specialization strategies in the entrepreneurial orientation and performance relationship. Journal of Small Business & Entrepreneurship, 32(5), 457-476.

Wolff, J. A., Pett, T. L., & Ring, J. K. (2015). Small firm growth as a function of both learning orientation and entrepreneurial orientation: An empirical analysis. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 21(5), 709–730.

Yi, H. T., Amenuvor, F. E., & Boateng, H. (2021). The Impact of Entrepreneurial Orientation on New Product Creativity, Competitive Advantage and New Product Performance in SMEs: The Moderating Role of Corporate Life Cycle. Sustainability, 13(6), 3586.
Published
2022-09-30
How to Cite
IFFAN, Muhammad; ANGGITA, Luthfia. PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA. Klabat Journal of Management, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 46-55, sep. 2022. ISSN 2722-726X. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjm/article/view/865>. Date accessed: 27 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.31154/kjm.v3i2.865.46-55.