ANALISIS FAKTOR PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN PADA UMKM DI INDONESIA

  • Edwina Fabiola Rayo Staff Finance PT. Trimitra Tunggal Darsana
  • Rinny Rantung Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Klabat

Abstract

Pemasaran merupakan bagian penting dalam sebuah usaha terutama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Khususnya di Indonesia pemasaran merupakan kendala utama yang dihadapi oleh pengusaha-pengusaha UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor pemasaran kewirausahaan apa saja yang diterapkan oleh UMKM di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan Exploratory Factor Analysis (EFA). Data yang digunakan merupakan data primer yang didapatkan dari pengembangan kuesioner melalui tahap interview, dilanjutkan dengan melakukan pilot testing, lalu menjalankan kuesioner. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penelitian ini menggunakan 108 responden yang merupakan pengusaha UMKM dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hasil dari penelitian ini mendapati bahwa hanya terdapat 5 faktor yang mempengaruhi pemasaran kewirausahaan pada UMKM di Indonesia yaitu, faktor sosial media, faktor promosi, faktor e-commerce, faktor aplikasi online, dan faktor endorsement marketing. Dari hasil penelitian ini, terlihat bahwa penerapan pemasaran kewirausahaan oleh pengusaha UMKM di Indonesia sudah mulai memanfaatkan teknologi dan pemasaran online dalam memasarkan produk dan usaha.


Kata Kunci: Pemasaran Kewirausahaan, Dimensi Pemasaran Kewirausahaan, UMKM diĀ Indonesia.

References

Burton, N., & Chadwick, S. (2009). Ambush marketing in sport: An analysis of sponsorhip protection means and counter-ambush measure. Journal of Sponsorship, 2(4), 303-315.

Carson, D., & Gilmore, A. (2000). Marketing at the interface: Not "what" but "how". Journal of Marketing Theory and Practice, 8(2), 1-7.

Collinson, E. (2002). The marketing/entrepreneurship interface. Journal of Marketing Management, 18(4), 337-340.

Collinson, E., & Shaw, E. (2001). Entrepreneurial marketing - A historical perspective on development and practice. Management Decision, 39(9), 761-766.

Farras, B. (2019, January 11). UMKM Kalah Saing, Jokowi Beberkan Masalahnya. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20190111134416-4-50214/umkm-kalah-saing-jokowi-beberkan-masalahnya
Journal, 3(29), 133-151.

Habibzadeh, M., Meshkani, F. A., & Shostari, A. H. (2016). Identifying and ranking the factors affecting entrepreneurial marketing to facilitate exports. Management Science Letters, 6(4), 309-314.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B., & Anderson, R. (2006). Multivariate Data Analysis (Vol. 6). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hills, G. E., & Hultman, C. (2006). Entreprenuerial Marketing. Lund: Studentlitteratur.

Hills, G. E., Hultman, C. M., Kraus, S., & Schulte, R. (2010). History, theory and evidence of entrepreneurial marketing - an overview. International Journal of Entrepreneurship and Innovation Management, 11(1), 3-18.

Ionita, D. (2012). Entrepreneurial marketing: A new approach for challenging times. Management & Marketing, 7(1), 131-120.

Kraus, S., Harms, R., & Fink, M. (2010). Entrepreneurial marketing: moving beyond marketing in new ventures. International Journal Entrepreneurship and Innovation Management, 11(1), 19-34.

Mahroeian, H. (2012). A study on the effect of different factors on e-Commerce adoption among SMEs of Malaysia. Management Science Letters, 2(7), 2679-2688.

Morris, M. H., Schindehutte, M., & LaForge, R. W. (2002). Entrepreneurial marketing: A construct for integrating emerging entreprneurship and marketing persepectives. Journal of Marketing Theory and Practices, 10(4), 1-19.

Morris, M. H., Kocak, A., & Ozer, A. (2007). Coopetition as a small business strategy: Implications for performance. Journal of Small Business Strategy, 18(1), 35-55.

Munisu, M. (2010). Pengaruh faktor-faktor eksternal dan internal terhadap kinerja usaha mikro dan kecim (UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hassanuddin, 12(1), 33-41.

Pauwels, K., Silva-Risso, J., Srinivasan, S., & Hanssens, D. M. (2004). New products, sales promotions, and firm value: The case of the automobile industry. Journal of Marketing, 6(4), 145-156.

Raza, M., Isa, N. M., & Rani, S. A. (2019). Effect of celebrity-endrosed advertisement and entreprenurial marketing on purchase behavior of smartphone consumers in Pakistan. Journal of Management Sciencse, 6(1), 15-29.

Salehi, M., Mirzaei , H., Aghaei, M., & Abyari, M. (2012). Dissimilarity of e-marketing vs traditional marketing. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2(1), 384-389.

Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2018). Strategi pemasaran online UMKM makanan (Studi kasus di kecamatan Cibinong). Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(3), 116-126.

Shafigullina, A.V., & Palyakin, R.B. (2016). Social media marketing as an effective instrument of the promotion of social business-project in social entrepreneurial activity. Academy of Marketing Studies Journal, 20(1), 1-7.

Stokes, D. (2000). Putting entrepreneurship into marketing: The process of entrepreneurial marketing. Journal of Research in Marketing & Entrepreneurship, 2(1), 1-16.

Syahza, A. (2003). Paradigma baru: Pemasaran produk pertanian berbasis agribisnis di daerah riau. Jurnal Ekonomi, 8(1).

Tambunan, H. T. (2011). Development of small and medium enterprises in a developing country. Journal of Enterprisi Communities: People and Places in the Global Economy, 5(1), 68-82.

Whalen, P., Uslay, C., Pascal, V. J., Omura, G., McAuley, A., Kasouf, C. J., . . . Deacon, J. (2015). Anatomy of competitive advantage: towards a contingency theory of entrepreneurial marketing. Journal of Strategic Marketing, 24(1), 5-19.
Published
2020-09-30
How to Cite
RAYO, Edwina Fabiola; RANTUNG, Rinny. ANALISIS FAKTOR PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN PADA UMKM DI INDONESIA. Klabat Journal of Management, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 8-19, sep. 2020. ISSN 2722-726X. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kjm/article/view/511>. Date accessed: 11 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.31154/kjm.v1i2.511.8-19.