PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

  • Ika Prayanthi Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Klabat
  • Erienika Lompoliu Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Klabat
  • Ricky Devito Langkedeng Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Klabat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan perceived usefulness terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi, dan melihat perbedaan kepuasan pengguna sistema informasi dari masing-masing bank. Variabel bebas pada penelitian ini adalah kualitas sistem, kualitas informasi dan perceived usefulness, sedangkan untuk variabel terikat adalah kepuasan pengguna. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kausal dan teknik análisis regresi linear berganda dengan alat bantú statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi, sedangkan kualitas informasi dan perceived usefulness tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna sistema informasi akuntansi, sedangkan masing-masing bank tidak menujukkan perbedaan yang signifikan terkait kepuasan pengguna sistema informasi akuntansi.


Kata kunci: Kepuasan pengguna, kualitas informasi, kualitas sistem, perceived usefulness                  

References

BPS. (2018, September 26). Kecamatan Airmadidi dalam angka 2018. Retrieved from Badan pusat statistik kabupaten Minahasa Utara: https://minutkab.bps.go.id/publication/download.html?

Buana, I. M., & Wirawati, N. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(1), 683-713.

Buana, I. M., & Wirawati, N. P. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(1), 683-713.

Calisir, F., & Calisir, F. (2004). Ther relation of interface usability characteristics, perceived usefulness, and perceived ease of use to end-user satisfaction with enterprise resource planning (ERP) systems. Computers in human behavior, 20(1), 505-515.

Chung, N., & Kwon, S. J. (2009). Effect of trust level on mobile banking satisfaction: a multi-group analysis of information system success instruments. Behaviour & information technology, 28(6), 549-562.

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014). Business research method. United State of America: McGraw-Hill.

Dandago, K. I., & Rufai, A. S. (2014). Information Technology And Accounting Information System In The Nigerian Bank Indrustry. Asian Economic And Financial Review, 4(5), 655-670.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information system. MIS quarterly, 13(3), 319-340.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information system succes: the quest for dependent variable. Information system research, 3(1), 60-95.

Ein-Dor, P., & Segev, E. (1988). The Measurement Of End-User Computing Satisfaction. Management Information System Quarterly, 33(4), 259-274.

Gelinas, U. J., Sutton, S. G., & Oram, A. E. (1999). Accounting Information Systems. Cincinnati, Ohio: South-Western College Publishing.

Georgescu, M., & Jeflea, V. (2015). The Particulary Of The Banking Information System. Procedia Economics And Finance, 20(1), 268-276.

Guimares, T., & Igbaria, M. (1997). Client/Server System Success: Exploring The Human Side. Decision Sciences, 28(4), 851-875.

Gupta, U. G., & Collins, W. (1997). The Impact Of Information Systems On The Efficiency Of Banks: An Empirical Investigation. Industrial Management & Data Systems, 97(1), 10-16.

Hanadia, N., Rahayu, S., & Zultilisna, D. (2017). The effect of system quality, perceived usefulness, information quality to user satisfaction (case study dashboard system on PDAM Tirta Raharja 2017). e-proceeding of management, 4(3), 2707-2714.

Jang, J.-H., Kim, J.-K., & Hwang, Y.-H. (2006). Influence Of Hotel Information System Quality On System Use And User Satisfaction. Journal Of Quality Assurance In Hospitality & Tourism, 7(3), 41-58.

Koivumaki, T., Ristola, A., & Kesti, M. (2008). The Effects Of Information Quality Of Mobile Information Services On User Satisfaction And Service Acceptance - Empirical Evidence From Finland. Behavior & Information Technology, 27(5), 375-385.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. England: Pearson Education.

Laumer, S., Maier, C., & Weitzel, T. (2017). Information quality, user satisfaction, and the mannifestation of workarounds: a qualitative and quantitative study of enterprise content management system users. European journal of information system, 26(4), 333-360.

Nelson, R. R., Todd, P. A., & Wixom, B. H. (2005). Antecedents of information and system quality: an empirical examination within the context of data warehousing. Journal of management information systems, 21(4), 199-235.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Accounting Information System. England: Pearson Education.

Rukmiyati, & Budiartha. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, V(1), 115-142.

Sacer, I. M., & Oluic, A. (2013). Information Technology And Accounting Information Systems' Quality In Croatian Middle And Large Companies. Journal Of Information And Organizational Sciences, 37(2), 117-126.

Setyo, D., & Dessy, A. R. (2015). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Serta Kinerja Pengguna Sistem Informasi. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 6(1), 47-59.

Tulodo, B. A., & Solichin, A. (2019). Analisis pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan perceived usefulness terhadap kepuasan pengguna aplikasi care dalam upaya peningkatan kinerja karyawan (studi kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.). Jurnal riset manajemen sains Indonesia, 10(1), 25-43.
Published
2020-09-30
How to Cite
PRAYANTHI, Ika; LOMPOLIU, Erienika; LANGKEDENG, Ricky Devito. PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI. Klabat Accounting Review, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-11, sep. 2020. ISSN 2721-723X. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kar/article/view/475>. Date accessed: 26 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.31154/kar.v1i2.475.1-11.