PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI

  • Kheisy Kharenia Benne Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Klabat
  • Petrus Moningka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Klabat

Abstract

This study aims to analyze the effect of CSR information disclosure measured by Corporate-Social-Responsibility-Index according to GRI G4 on firm value measured by Tobin’s Q.  In addition, this study aims to analyze whether profitability measured by return on asset (ROA) can strengthen the relationship between disclosure of CSR and firm value. The population of this study is mining sector companies listed at Indonesia Stock Exchange for the period of 2015-2017. Samples were determined by purposive sampling method and obtained 35 companies as the research samples. This study uses secondary data and multiple regression analysis as the data analysis. The results of this study show that: (1) CSR information disclosure has positive significant effect to firm value, (2) Profitability can strengthen the relationship between disclosure of CSR and firm value.


Keywords: Corporate social responsibility, firm value, profitability


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengungkapan CSR yang diukur dengan Corporate-Social-Responsibility-Index menurut GRI G4 terhadap nilai perusahaan yang diukur menggunakan Tobin’s Q. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisa apakah profitabilitas yang diukur dengan return on assets (ROA) dapat memperkuat hubungan antara pengungkapan CSR dan nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan  pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2017. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 35 perusahaan sebagai sampel penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengungkapan CSR berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan, (2) Profitabilitas dapat memperkuat hubungan antara pengungkapan CSR dan nilai perusahaan.


Kata kunci: Corporate social responsibility, nilai perusahaan, profitabilitas

References

Aczel, A. D., & Sounderpandian, J. (2009). Complete Business Statistics. New York : McGraw-Hill.

Agustine, I. (2014). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Jurnal Finesta , 2 (1), 42-47.

Bidhari, S. C., Salim, U., & Aisjah, S. (2013). Effect of corporate social responsibility information disclosure on financial performance and firm value in banking industry listed at Indonesia stock exchange. European Journal of Business and Management , 5 (18), 39-46.

Devinney, T. (2009). Is the socially responsible corporation a myth? The good, bad and ugly of corporate social Responsibility. Academy of Management Perspectives , 23 (2), 1-25.

Fuad, M., Christin, H., Nurlela, Sugiarto, & Paulus. (2006). Pengantar Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono, U., & Iskandar, R. (2015). Corporate social performance and firm value. International Journal of Business and Management Invention , 4 (11), 69-75.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta : Gramedia Widiasarana.

ISO 26000. (2010). Guidance on social responsibility. Retrieved Oktober 2018, 6, from https://www.iso.org/iso-26000-social-responsibility.html

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: UMSU Press.

Kamil, A., & Harusetya, A. (2012). Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap luas pengungkapan kegiatan corporate social responsibility. Media Riset Akuntansi , 2 (1), 1-17.

Limberg, G., Iwan, R., Moeliono, M., Indriatmoko, Y., Mulyana, A., & Utomo, N. A. (2009). Bukan Hanya Laba: Prinsip-Prinsip bagi Perusahaan untuk Melaksanakan Tanggung Jawab Sosial. Bogor: Center of International Forestry Research (CIFOR).

Manurung, A. H. (2006). Cara Menilai Perusahaan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Murnita, P. E., & Putra, I. M. (2018). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas dan leverage sebagai variabel pemoderasi. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana , 23 (2), 1470-1494.

Pratama, G. L., Hapsari, D. W., & Muslih, M. (2016). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Proceeding of Management , 3 (3), 3432-3438.

Putra, A. G., & Wirakusuma, M. G. (2017). Pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan asing sebagai variabel pemoderasi. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana , 19 (3), 1719-1746.

Rosiana, G. A., Juliarsa, G., & Sari, M. M. (2013). Pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana , 5 (3), 723-738.

Sayekti, Y. & Wondabio, L. S. 2007. Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earning Response Coefficient. Simposium Nasional Akuntansi X. Makassar.

Sudarma, I. K., & Darmayanti, N. P. (2017). Pengaruh CSR, kepemilikan manajerial dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan sektor pertambangan pada indeks Kompas 100. Jurnal Manajemen Unud , 6 (4), 1906-1932.

Suganda, T. R. (2018). Teori dan Pembahasan Reaksi Pasar Modal Indonesia. Malang : CV. Seribu Bintang.
Sulisyanto, H. S. (2013). Manajemen Laba: Teori dan Model Empiris. Jakarta: Grasindo.

Sutopo, E. Y., & Slamet, A. (2017). Statistika Inferensial. Yogyakarta : ANDI.

Tandelili, E. (2010). Portfolio dan Investasi. Yogyakarta : Kanisius.

Ulum, I. (2017). Intellectual Capital: Model Pengukuran, Framework Pengungkapan dan Kinerja Organisasi. Malang: UMM Pres.
Published
2020-02-28
How to Cite
BENNE, Kheisy Kharenia; MONINGKA, Petrus. PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI. Klabat Accounting Review, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 56-70, feb. 2020. ISSN 2721-723X. Available at: <http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/kar/article/view/457>. Date accessed: 05 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.31154/kar.v1i1.457.56-70.